Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Klub LPI Berpeluang Tampil di Liga Super

Kamis, 04 Agustus 2011

Share this history on :

KEPUTUSAN PSSI untuk memberikan kesempatan bagi kulb Liga Primer (LPI), tampil di Liga Super. Berakibat Kompetisi tertinggi di Indonesia atau “top league” berpeluang dikocok ulang. “Syarat menjadi klub profesional ada lima aspek. Jika semuanya terpenuhi maka klub itu berhak turun pada kompetisi profesional,” kata Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus di sela workshop format kompetisi di Hotel Sahid Jakarta, Rabu.

Lima aspek yang harus dipenuhi adalah aspek legal atau hukum, keuangan, infrastruktur yang di antaranya adalah stadion, personel serta sporting yang di antaranya adalah pembinaan usia muda. Menurut dia, semua klub akan menjalani penilaian oleh PSSI. Setelah itu federasi sepak bola Indonesia itu akan diranking sesuai dengan hasil penilaian berdasarkan syarat lima aspek klub profesional yang dikeluarkan oleh AFC.

“Verifikasi dilakukan setelah dokumen dari masing-masing klub masuk. Hasil penilaian akan diumumkan 25 Agustus nanti. Dari situ akan terlihat klub mana yang profesional,” katanya menambahkan. Sihar menjelaskan, dengan adanya ranking klub, tahapan selanjutnya akan ditentukan format kompetisi apakah hanya menggunakan satu kompetisi atau dua kompetisi di level yang berbeda.

“Untuk format kompetisi akan ditentukan setelah ranking klub berdasarkan penilaian telah keluar,” kata anggota Komite Eksekutif PSSI itu. Rencana PSSI menggunakan sistem baru itu tidak bisa diterima begitu saja oleh klub-klub yang sebelumnya turun di kompetisi tertinggi yaitu Indonesia Super League (ISL). Menurut asisten manager Persipura, Anton Imbenay, kompetisi secara berjenjang harus tetap ada karena dijadikan barometer kualitas sebuah klub. Jadi semuanya harus sesuai dengan tahapan sesuai dengan statuta PSSI.

“Kami tidak setuju jika LPI langsung masuk “top league”. Semuanya harus melalui proses dan yang pertama adalah menjadi member PSSI,” katanya di sela workshop. Menurut dia, selain lima aspek itu, harus pula diperhatikan masalah kualitas. Meski memenuhi syarat dalam lima aspek itu belum tentu memilik kualitas yang mumpuni. Jadi hal ini harus dipertimbangkan. “Jika bagus dan berkualitas ya tidak apa-apa. Ini adalah pertaruhan,” katanya menambahkan. Selama ini kompetisi profesional di Indonesia ada dua level yaitu ISL dan Divisi Utama. Dengan masuknya LPI maka posisi klub yang selama ini siap bertanding mulai awal Oktober berpeluang besar terjadi perubahan. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...