Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Merger LSI dan LPI Diawali di Medan

Sabtu, 13 Agustus 2011

Share this history on :

PENGGABUNGAN atau yang sering disebut "merger" antara klub LSI (Liga Super Indonesia) dengan LPI (Liga Primer Indonesia) sudah mulai terlaksana. Dan sebagai pembuka kran tersebut adalah Medan.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin saat berada di Medan Jumat (12/8).

"Hari ini pencanangan penggabungan seluruh klub LPI ke klub LSI maupun Divisi Utama. Ini dimulai dengan bergabungnya Bintang Medan dengan PSMS. Namanya ketika mengikuti kompetisi nanti tetap PSMS Medan," katanya, seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Djohar melanjutkan dengan penggabungan itu, lima syarat yang diminta AFC harus dipenuhi, di antaranya adalah aspek legal dari pemerintah, dan dana yang menjadi tanggung jawab penuh dari pihak konsorsium. Maka dengan demikian, PSMS tidak akan menggunakan APBD lagi di masa mendatang.

Lalu persyaratan ketiga yakni infrastrukur. Maka, Walikota Medan selaku Ketua Umum PSMS akan memperbaiki Stadion Teladan agar sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan AFC.

Persyaratan keempat yakni aspek sporting, harus dilakukan pembinaan terhadap para pesepakbola muda dan yang terakhir terkait aspek organisasi.

"Untuk organisasi, walikota telah menyatakan kesiapannya untuk membenahi organisasi dan bertanggung jawab dengan kegiatan PSMS," ujarnya.

Djohar berharap kelima persyaratan AFC tersebut telah dipenuhi PSMS. Sehingga, ketika dilakukan verifikasi oleh tim dari AFC, PSMS dapat lolos.

Dari seluruh klub, baik LPI maupun LSI, menurut Djohar, baru PSMS dan Bintang Medan yang melakukan penggabungan. Apa yang dilakukan PSMS dan Bintang Medan akan diikuti klub lain.

"Untuk itu keikhlasan Bintang Medan patut kita hargai, begitu juga dengan konsorsium LPI, salut kita kepada mereka. Sebab mereka menyatakan kesiapan untuk membantu tim di Indonesia, baik yang berasal dari bekas LSI maupun Divisi Utama," jelasnya.

Ketika disinggung apa nama kompetisi yang akan digelar ke depan, Djohar mengaku sampai saat ini belum tahu. Hal itu masih disesuaikan dengan sponsor, agar dapat menggaet sponsor sebesar-besarnya. "Soal nama kompetisi masih kita kami perbincangkan lagi dengan pihak sponsor. PO/Ary

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...