Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Perlu Standarisasi Pelatih Fisik

Jumat, 19 Agustus 2011

Share this history on :

UNTUK menunjang prestasi atlet di setiap cabang olahraga (cabor), diperlukan latihan fisik yang baik sesuai kebutuhan masing-masing cabor. Maka untuk itu latihan yang proposional dan profesional, diperlukan guna menciptakan atlet dengan fisik prima.

Disampaikan Yuswo Supadmo, Kabid Binpres KONI Kota Semarang, latihan terkonsep dan berjenjang sangat diperlukan untuk menciptakan atlet dengan fisik baik. Permasalahannya, kata dia, banyak pelatih fisik di masing-masing cabang olahraga tak memiliki sertifikat ataupun lisensi kepelatihan sehingga tidak menguasai metode latihan fisik yang benar.

"Problem utama atlet, khususnya di Semarang adalah fisik. Prestasi tidak bisa berkembang, jika atlet tak memiliki fisik yang baik," tegasnya belum lama ini.

Maka untuk itu, KONI Kota Semarang berencana melaksanakan worksop standarisasi dan sertifikasi pelatih fisik nasional. Rencananya workshop akan dilaksanakan tanggal 1 hingga 5 November nanti. "Kami berencana mendatangkan pelatih fisik nasional, Paulus Pesurnay untuk mengisi workshop tersebut," paparnya.

Selama ini pelatih fisik di setiap cabor, terutama yang ada di Jateng belum memiliki sertifikat kepelatihan resmi. Karena pelatih-pelatih tersebut, hanya ditunjuk oleh pengurus dari mantan atlet. Parahnya, mereka kemudian melatih atlet tanpa dibekali teori kepelatihan fisik.

Padahal fisik merupakan modal dasar atlet dalam menunjang pretasinya. Hal itulah yang menurut Yuswo, menjadi penyebab melorotnya prestasi atlet Indonesia di hampir seluruh cabang olahraga. "Karena atlet yang dicetak, tidak dibekali modal latihan fisik yang baik. Ini terjadi di seluruh daerah dan hampir seluruh cabang. Padahal jika fisik atlet baik, latihan teknik akan mudah diterapkan," jelasnya.

Atas dasar itu, KONI Kota Semarang ingin mencetuskan program seritifikasi dan standarisasi pelatih fisik di semua cabor. Binpres KONI Kota Semarang juga siap untuk menjalin kerjasama dengan KONI Jateng, KONI Pusat, dan Kemenpora untuk realisasi rencana itu.

"Kalau bisa, kami akan mengemas workshop ini menjadi sebuah kegiatan pelatihan pelatih fisik tingkat nasional. Karena fisik merupakan modal dasar bagi atlet yang harus disiapkan sejak dini," tegas dia. SMC/Tulus
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...