Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Riau Siap Raih 4 Sukses di PON 2012

Sabtu, 20 Agustus 2011

Share this history on :

TUAN rumah Riau bertekad untuk bisa meraih empat (catur) sukses dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012. Hal itu dikatakan oleh Ketua Panitia Besar (PB) PON XVIII Rusli Zainal, yang juga Gubernur Riau. Menurutnya, catur sukses itu menjadi target besar yang harus dicapai Kontingen Riau.

“Sukses yang pertama yaitu sukses penyelenggaraan, kedua sukses prestasi, setelah itu pembangunan perekonomian rakyat dan promosi daerah,” kata Rusli Zainal dalam Seminar Nasional PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau bertema “Menangkap Peluang Ekonomi di Balik Penyelenggaraan Event Olahraga” yang diselenggarakan PB PON XVIII di Hotel Sahid Jakarta, Jumat (19/8). Untuk target prestasi, Riau tidak ingin setengah-setengah. Menurut Rusli Zainal, sebagai tuan rumah, tentu Riau akan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi juara umum.

“Target prestasi kami cukup besar, harus juara umum. Tapi secara rasional, mungkin tiga besar setelah Jawa Timur (Jatim) dan DKI Jakarta,” ujar Seminar itu dihadiri kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari pakar olahraga, atlet, wartawan, dan masyarakat umum itu menghadirkan pembicara yaitu Rusli Zainal, Ketua Umum KON/KOI Rita Subowo, Ketua HIPMI Erwin Aksa, dan pakar pemasaran olahraga Fritz Simanjuntak.

Rusli mengungkapkan, dari evaluasi terakhir bidang prestasi KONI Propinsi Riau sudah 71 emas di atas kertas sesuai gambaran dari hasil Kejurnas.Keyakinan Riau itu juga didukung dengan keberadaan 65 atlet Riau yang terpilih memperkuat kontingen Indonesia di arena SEA Games mendatang. Di bidang penyelenggaraan, Rusli Zainal mengungkapkan persiapan fisik arena pertandingan (venues) sudah mencapai 90 persen yang tersebar di 27 tempat di Pekanbaru.

“Persiapan venues sudah mencapai 90 persen yang seluruhnya berada di kota Pekanbaru. Sedangkan sisanya di beberapa kabupaten,” ujarnya. Ketua Harian KONI Provinsi Riau Yuherman Yusuf mengatakan, pihaknya selaku penanggungjawab sukses prestasi sedang dan akan melakukan pentahapan persiapan atletnya ke PON XVIII.

“Dari 1.400 atlet bayangan dari 39 cabang olahraga yang dijaring sejak 2 Oktober 2010, sekarang sudah menciut menjadi 964 orang atlet,” ujar Yuherman Yusuf. Dari 964 atlet tersebut, lanjutnya, pada saat Pelatda penuh awal tahun 2012 mendatang akan dijaring 700 atlet terbaik yang akan terus ditempa hingga hari H penyelenggaraan PON XVIII pada 9 September 2012.

Sejumlah atlet Riau juga sedang berlatih dalam Pelatda di Jakarta. Riau mengakses 65 atlet yang mengikuti 14 cabang olahraga dalam Program Indonesia Emas (Prima) yang dipersiapkan ke SEA Games 2011. “Sejauh ini hasil prestasi yang diperoleh dari latihan dan keikutsertaan pada event nasional dan internasional sangat membanggakan,” jelas Yuherman Yusuf.

Dari sisi perekonomian, Rusli Zainal memperkirakan, dengan akan banyaknya orang yang datang ke Riau, otomatis itu akan menaikkan nafas perekonomian ‘Bumi Lancang Kuning’. “Coba kita bayangkan bila ada 10 ribu orang yang datang dan saat sarapan mereka masing-masing makan satu buah pisang, maka pedagang pisang pun pasti akan untung besar karena setiap pagi dibutuhkan 10 ribu buah pisang. Itu baru pisang, belum yang lain-lain seperti hotel, rumah makain, dll,” jelas Rusli.

Untuk mewujudkan target ekonomi itulah, PB PON menggelar seminar nasional di Jakarta. Langkah ini dilakukan karena Riau yakin PON 2012 ini memiliki nilai jual yang cukup besar. “Olahraga adalah salah satu media pemasaran yang efektif. Itu bisa dilihat dari keuntungan besar di setiap penyelenggaraan Olimpiade atau Piala Dunia. Apalagi Riau memiliki potensi yang sangat besar,” tandas pakar pemasaran olahraga Fritz Simanjuntak. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...