Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Setan Merah Listing di Bursa Singapura

Rabu, 17 Agustus 2011

Share this history on :

KLUB Setan Merah siap listing di bursa Singapura pada akhir tahun ini. Sekitar 25-30 saham klub itu akan didaftarkan di Negeri Singa itu. Dengan begitu, klub milik keluarga kaya Amerika tersebut dapat menghimpun dana sekitar US$ 1 miliar.

Kabar ini sekaligus membanggakan Asia, khususnya Singapura, karena dipercaya menjadi tempat penawaran saham perdana (IPO) klub yang menjuarai Liga Inggris tersebut. Setidaknya 333 juta fans Setan Merah ada di Asia.

Singapore Exchange dan Hang Seng Hong Kong dikabarkan bersaing keras untuk melobi Manchester United (MU) mengenai rencana IPO itu.

Sumber-sumber Strait Times menyebutkan, sejumlah perwakilan Setan Merah sudah bertemu dengan para petinggi bursa belum lama ini.

Melalui listing itu, MU berharap menyedot perhatian dari sejumlah investor kunci, seperti Temasek Holdings.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) MU David Gill menolak mengomentari kabar tersebut. Credit Suisse Hong Kong, yang mengetahui rencana itu, juga enggan berkomentar.

Kekayaan MU saat ini mencapai US$ 1,9 miliar. Majalah Forbes selama tujuh tahun terakhir menjadikan klub ini sebagai klub terkaya di dunia.

Keluarga Glazer, pemilik MU yang tinggal di Florida, AS, masih akan menjadi pemilik mayoritas klub. Glazer membeli saham mayoritas MU pada 2005 senilai US$ 1,4 miliar, saat saham MU di-delist dari London Stock Exchange.

“Return yang didapat nantinya bisa dipakai MU untuk membeli pemain-pemain baru,” kata Stephen Schechter, chairman bank investasi Schechter Co, London, dikutip Financial Times, Selasa (16/8).

Sebelumnya, Keluarga Glazer pernah menolak tawaran dari pengusaha Qatar yang ingin membeli MU sebesar US$ 1,5 miliar. Ary
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...