Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Berbagi Pengalaman Renang dengan Kirby

Sabtu, 10 September 2011

Share this history on :
MANTAN perenang kelas dunia asal Australia yang juga peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 Bill Kirby akan membagi pengalamannya kepada perenang muda dan pelatih renang Indonesia. Juni Udayani, pengagas acara ini di Jakarta, Kamis mengatakan, sesuai dengan jadwal, perenang yang pernah menjadi juara dunia gaya bebas 4 x 200 meter ini akan berbagi pengalaman sekaligus memberikan pelatihan di Masion Pine Hotel, Bandung, 9-11 September.

“Kegiatan bagi pengalaman dan pelatihan adalah yang kedua kalinya kami lakukan. Untuk tahun ini kami memilih Bill Kirby,” katanya. Menurut dia, salah satu tujuan didatangkannya perenang kelas dunia di masanya itu adalah agar bisa menularkan kemampuannya kepada perenang-perenang Indonesia yang masuk tahapan pengembangan.

Selain itu, kata dia, Bill Kirby diharapkan bisa memberikan materi kepelatihan kepada pelatih renang Indonesia, terutama dalam hal mempersiapkan atlet muda. “Ada sekitar 110 perenang muda dan pelatih yang akan ikut dalam pelatihan ini. Mereka datang dari seluruh Indonesia,” kata Direktur Indo Swim Gear itu. Selain mendatangkan mantan perenang kelas dunia, pada pelatihan di Bandung, pihak penyelenggara juga mendatangkan mantan atlet renang Indonesia Wisnu Wardana dan Felix C Sutanto.

Selaku mantan atlet renang, Wisnu Wardana mengaku sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan ini. Menurut dia, ilmu kepelatihan dan pembinaan usai muda sangat diperlukan oleh Indonesia. “Sistem kepelatihan dan pembinaan renang di Autralia sangat bagus. Jadi kesempatan ini harus bisa dimanfaatkan sebaiknya oleh pelatih maupun perenang,” katanya.

Sementara itu Bill Kirby mengaku, salah satu kunci keberhasilannya pada cabang olahraga renang adalah sistem pelatihan yang bagus dan berkualitas. Selama menjadi perenang dirinya dilatih oleh pelatih yang memiliki pendidikan formal tentang renang. “Di Australia renang adalah olahraga nomor satu. Jadi sistem pembinaan dan kepelatihan dilakukan secara maksimal. Kunci dari pembinaan adalah dipelatih,” katanya. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...