Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Empat Pebiliar Jateng ke SEA Games

Selasa, 06 September 2011

Share this history on :

JAWA Tengah meloloskan empat pebiliarnya pada SEA Games XXVI/2011 mendatang. Mereka adalah Ricky Yang, Tan Kiong An, M Zulfikri dan Amanda Rahayu. Keempatnya dinilai layak membela timnas Merah Putih berdasarkan penilaian dari tim monitoring dan evaluasi PB POBSI.

Selain keempat atlet tersebut, ada dua pebiliar Jateng lain yang masuk ke Pelatnas yaitu Nur Sukmawati dan Yoni Rahmanto. "Dari dua nama itu, Yoni Rahmanto masih berpeluang lolos karena POBSI pusat masih terus menilai kemampuan dari seluruh atlet yang ada," kata Wakil Ketua POBSI Jateng, Buntat.

Dari 31 atlet yang diseleksi di Pelatnas nantinya hanya akan ada 20 atlet yang masuk menjadi tim inti. Pencoretan dilakukan dengan merujuk pada kemampuan masing-masing atlet selama mengikuti berbagai kejuaraan yang ditetapkan PB POBSI sebagai ajang seleksi.

Masuknya empat pebiliar Jateng di tim SEA Games dinilai Buntat sebagai hal yang membanggakan. Meski sejak awal dirinya memiliki keyakinan atletnya sanggup mengatasi persaingan di Pelatnas. Namun dari empat nama tersebut, hanya Ricky Yang yang sejak awal diprediksikannya lolos mengingat statusnya sebagai pebiliar nomor satu di Indonesia saat ini.

"Dari informasi yang kami dengar komposisi tim biliar SEA Games secara resmi akan dirilis akhir bulan ini," kata Buntat.

Disinggung mengenai program POBSI Jateng menghadapi PON XVII/Riau, program pelatda secara efektif baru akan digelar usai SEA Games mendatang atau paling lambat Januari tahun depan. Pekalongan sendiri telah ditetapkan sebagai lokasi digelarnya pemusatan latihan.

Selain memiliki fasilitas latihan yang representatif, keadaan kota yang tidak terlalu ramai dianggap tepat untuk menjaga fokus para atlet. Pada PON mendatang, Jateng menjadi salah satu daerah yang berhak mengirimkan atletnya secara penuh yakni sembilan atlet.

Keputusan tersebut didasarkan pada keberhasilan Jateng meraih runner up pada kejurnas biliar yang sekaligus menjadi babak kualifikasi di Medan, akhir Juli lalu. Jumlah tersebut dijelaskan Buntat, sudah cukup bagi Jateng untuk tampil di seluruh nomor yang dipertandingkan di pesta olahraga multieven nasional mendatang.

Dari 12 medali emas yang diperebutkan, Jateng membidik lima keping medali sekaligus titel juara umum. "Kami optimistis target tersebut dapat dipenuhi oleh anak-anak," tandas Buntat.

Keduabelas nomor yang akan dipertandingkan pada PON mendatang untuk kategori pool, bola 8, 9 putra/putri single, bola 10 putra single, bola 8 putra double, bola 9 double putri serta bola 10 double mix. Adapun di kategori english billiard, snoker putra single/double dan english billiard single. Satu nomor lagi adalah carom tiga ban. Smc/Tulus
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...