Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

FORMI Gelar Festival Olahraga Rekreasi

Selasa, 04 Oktober 2011

Share this history on :

SEBANYAK 18 jenis olahraga rekreasi masyarakat di Indonesia bakal menyemarakkan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) yang berlangsung pada 6 - 9 Oktober mendatang di Kawasan Parkir Timur, Senayan, Jakarta.

Ke-18 jenis olahraga itu, antara lain seperti pencak silat, tarik tambang, egrang, gebuk bantal, terompah panjang dan putar gasing seberat 130 kg. Festival yang diselenggarakan Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI) itu, rencananya bakal dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut Ketua Umum FORMI Hayono Isman, pada festival itu nanti, kategori olahraga yang diperlombakan berupa olahraga seni tradisional, kesehatan dan ekstrem. "Olahraga yang ditampilkan, sifatnya bukan untuk mencapai prestasi, tapi lebih kepada pertunjukan," kata Hayono saat sesi Konferensi Pers di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

Karena bersifat pertunjukan atau performance, maka target yang diusung bukan untuk meraih prestasi, melainkan melestarikan budaya tradisional bangsa. Selain itu, pihaknya berharap dengan diselenggarakannya ajang festival tersebut, olahraga rekreasi masyarakat semakin populer di negara ini.

"Permainan seperti tarik tambang, engrang itu perlu dibina dan dilestarikan agar tidak punah dimakan Zaman dan bisa terus diwariskan kepada generasi selanjutnya," kata mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), tersebut.

Pada kesempatan itu, turut hadir Menpora Andi Mallarangeng, Sekjen TAFISA (The Association For International Sport for All- Asosiasi FORMI Dunia) Wolfgang Baumman dan Sekjen FORMI yang juga Ketua Panitia Fornas, Iskandar ZA.

Menpora Andi Mallarangeng mengaku sangat mendukung gelaran festival yang baru pertama dilaksanakan di Indonesia ini. Menurut dia, pemerintah perlu mendukung Fornas, mengingat Indonesia juga bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan TAFISA sedunia yang bertempat di Jakarta pada 2016 mendatang.

"Ajang ini juga bisa untuk melakukan seleksi bagi peserta untuk dipersiapkan pada ajang olahraga rekreasi di Indonesia pada 2016. Apalagi, kami juga akan menjadi tuan rumah," jelasnya. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...