Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Menpora Buka Kejuaraan Catur IOCC

Kamis, 13 Oktober 2011

Share this history on :
MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alifian Mallarangeng membuka secara resmi kejuaraan catur internasional Indonesia Terbuka (Indonesia Open Chess Championship) 2011 yang berlangsung di Hotel Le Meridien Jakarta 13-19 Oktober. Dalam hal ini menpora memuji PB Percasi yang mampu mendatangkan para pecatur kelas dunia dalam ajang kejuaraan catur internasional ini,

“Salut bagi PB Percasi yang menggelar sebuah kejuaraan catur internasional yang diikuti banyak pecatur kelas dunia seperti ini,” kata Menpora dalam sambutan pembukaan kejuaraan ini Rabu (12/10/2011). Andi menyatakan, Indonesia Open Chess Championship (IOCC) kali ini bisa dijadikan ajang ujicoba bagi para atlet pelatnas SEA Games 2011 yang tidak lama lagi bakal berlaga di event akbar olahraga negara-negara Asia Tenggara itu.

“Event ini merupakan ujicoba bagi para atlet pelatnas, dan selain itu bisa jadi pelajaran serta mendapat pengalaman bertanding bagi para pecatur yang masih muda,” katanya. Disamping itu Menpora juga berharap agar event semacam itu tidak berhenti di tahun ini saja, tapi juga bisa berlanjut setiap tahun. “Saya berharap Indonesia Open bisa berkelanjutan, tidak hanya tahun ini saja,” katanya.

IOCC 2011 diikuti para pecatur yang datang dari 19 negara itu bergelar Grandmaster (GM) dan Grandmaster Wanita (GMW) yang meiliki elo rating antara 2300 sampai 2770, seperti GM Alexey Dreev dari Rusia (2771), GM Wesley So dari Filipina (2655), GMW Jana Krivec dari Slovenia (2304), GMW Regina Pokorna dari Slowakia (2359). Selain pecatur manca negara, sebanyak 14 pecatur pelatnas SEA Games 2011 juga ambil bagian pada kejuraan yang memperebutkan hadiiah total sebesar 5.555 dolar AS itu.Kejuaraan catur internasional ini menggunakan sistem Swiss sembilan babak , yang berlangsung selama tujuh hari tersebut.

Para pecatur nasional yang ambil bagian adalah pecatur putri terbaik Indonesia yang juga pecatur pelatnas SEA Games GMW Irene Kharisma Sukandar (elo rating 2330), dan pecatur perbaik Indonesia GM Susanto Megaranto (2530). Baik Irene maupun Susanto sama-sama akan memanfaatkan kejuaran internasional ini untuk menambah elo rating mereka. Turut hadir dalam pembukaan kejuraan ini, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo serta wakil ketua umum PB Percasi GM Utut Adianto. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...