Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Menpora:Venues SEAG Palembang Selesai Oktober

Jumat, 07 Oktober 2011

Share this history on :
MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng yakin venue SEA Games di Palembang akan rampung Oktober 2011 ini. Apalagi, beberapa diantaranya sudah digunakan untuk percobaan beberapa even cabang olahraga (Cabor). Optimis ini disampaikan oleh Menpora dalam kunjungannya ke beberapa venue, kamis (6/10/2011). Menurutnya, saat ini ada beberapa venue yang telah selesai menggelar tes even, itu artinya tempat pertandingan tersebut sudah bisa digunakan. Seperti tenis lapangan, petanque, angkat besi, serta polo air.

"Saya beserta pemerintah pusat tidak ada keraguan lagi bahwa SEA Games tetap akan berlangsung pada 11 November 2011, kendati venue yang sedang dikerjakan mendapat sorotan masyarakat," kata Andi usai meninjau Kolam Akuatik di Jakabaring Sport City, Palembang, Kamis (6/10/2011). Menurut Andi, tiga venue yang disebut-sebut media belum siap, seperti venue akuatik, atletik, dan menembak, ternyata tidak demikian. Setelah dilihat langsung, ketiga arena pertandingan tersebut sudah sangat siap menggelar pertandingan SEA Games.

"Kita yakin ketiga venue ini, sudah bisa digunakan saat multieven nanti digelar. Ambil contoh venue akuatik, tinggal merapikan sisi kanan dan kiri kolam. Bahkan pada Jumat besok (hari ini red), kolam sudah akan diisi air," ucapnya. Secara keseluruhan, kata dia, progress pembangunan venue SEA Games di Jakabaring telah lebih 90 persen. "Venue-nya sudah tak ada masalah. Hanya perlu dipercepat pengerjaan areal parkir dan landscape serta taman, yang bisa selesai dua hingga tiga minggu ke depan," jelasnya.

Sementra itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin juga yakin pembukaan SEA Games XXVI akan tetap dibuka sesuai jadwal, yakni 11 November mendatang. Menurut Gubernur, sebagai salah satu tuan rumah, Sumsel sangat yakin dan optimis penyelenggaraan SEA Games sesuai jadwal. ”Yang khawatir itu orang di Jakarta saja, kalau masyarakat Sumsel sangat optimis dan yakin SEA Games bisa digelar sesuai jadwal,” tegas Gubernur.

Gubernur menuturkan, SEA Games merupakan kegiatan internasional dan jika diundur akan berdampak pada harga diri dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia. ”Tidak mudah dong mau ditunda-tunda saja, ini kan diikuti sebelas negara bukan even tingkat provinsi, jatuh negara kita kalau ditunda. Mau tidak mau harus kita laksanakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gubernur menyampaikan, saat ini bukan saatnya meragukan dan memprovokasi masyarakat agar pesimis terhadap persiapan SEA Games. Namun, yang harus dilakukan berbagai pihak adalah memberikan motivasi kepada pegawai yang sedang bekerja menyelesaikan proyek pembangunan venue SEA Games agar jadwal penyelesaiannya bisa segera dirampungkan. ”Kalau mau bantu, datang ke Palembang, kalau tidak bisa, bantu minimal doa agar berjalan lancar, dan pegawaia semangat bekerja,” harap Gubernur.

Sedangkan Ketua Deputi Ina-SOC Sumsel Musni Wijaya mengatakan, peralatan untuk venue segera dipasang mendekati pelaksanaan tes even. "Dalam waktu dekat peralatan pelengkap venue SEA Games akan segera dipasang," katanya. Kepala Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel Rizal Abdullah menambahkan, akhir Oktober ini, semua veneu SEA Games rampung kecuali panjat tebing. Karena masih terganjal papan panjat. "Semua venue di Jakabaring tuntas akhir Oktober ini, kecuali panjat tebing. Venue itu ditarget rampung pada 28 Oktober, sehingga pada 3 hingga 5 November nanti bisa digelar tes even," terang Rizal. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...