Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Susanto Tahan Remis Sandro Mareco

Selasa, 18 Oktober 2011

Share this history on :

PECATUR terbaik Indonesia GM Susanto Megaranto, melorot dua tingkat posisinya ke urutan sembilan klasemen setelah babak keenam kejuaraan catur internasional Indonesia Open, di Hotel Le Meridien Jakarta, Senin (17/10/2011). Pecatur pelatnas SEA Games XXVI yang pada babak sebelumnya (babak kelima), berada di posisi tujuh, langkahnya ditahan pecatur asal Argentina, Sandro Mareco. Kedua Grand Master itu bermain menguras tenaga dan pikiran hingga terjadi remis pada langkah ke 80 dan menghabiskan waktu lebih dari empat jam.

“Di langkah awal permainan imbang, namun pada langkah ke-18 Sandro mengambil langkah yang cukup istimewa sehingga perwiranya aktif menyerang saya,” kata Susanto seusai pertandingan, Senin malam. Susanto yang melakukan pembukaan Sisilia mengaku terburu-buru sehingga tidak sempat menganalisa langkah yang dilakukan Sandro di posisi D5. Namun, lanjut Susanto, Sandro melakukan kesalahan pada detik-detik terakhir yaitu di langkah 79.

“Sepertinya dia mengikuti irama saya dengan menggerakan rajanya sehingga membuka kesempatan kuda saya untuk melakukan skak sekaligus mengancam pion. Kalau awalnya dia menggerakan gajah ke E4, dia sudah pasti menang,” jelas pemegang elo-rating 2530 itu. Sementara itu, Sandro yang kini memiliki elo-rating 2597 itu. mengakui kesalahannya yang membuang kesempatan dia untuk mengalahkan Susanto.

“Pada awalnya saya yakin menang namun Susanto bertahan sangat bagus. Beberapa kali saya memiliki kesempatan untuk mengalahkan dia, namun dia tidak mudah dikalahkan,” kata Sandro. Kendati pada pertandingan ini dia ditahan remis oleh Susanto, namun Sandro mengaku tidak kecewa. Karena menurutnya Susanto bermain bagus, sebaliknya dirinya bermain kurang maksimal.

Hal senada diungkapkan pelatih pelatnas catur, Ruslan Cherbakov, mengatakan Susanto memang melakukan sedikit kesalahan namun dia merupakan pemain yang sangat tangguh. “Ia memiliki pembukaan yang baik, hanya saja ia kalah posisi. Jadi ia mengandalkan permainan bertahan saja hingga ia bisa selamat dengan remis,” katanya. Hingga babak ke enam, Susanto meraih poin 4,5 dan satu-satunya pecatur Indonesia yang bertahan di sepuluh besar. Babak ketujuh besok Susanto akan menghadapi pemain muda Filipina yang karirnya sedang menanjak, Wesley So.

Pimpinan klasemen hingga babak ke enam kini dipegang pecatur unggulan asal China, Wang Yue yang menduduki urutan pertama klasemen, hingga langkah ke 94 dengan poin 5, mengegser pimpinan sebelumnya pecatur Prancis, GM Vladislav Tkachiev, harus merosot ke posisi tiga (4 ½) setelah dikalahkan Wang Yue. Sedang peringkat kedua klasemen semnatar masih dipegang pecatur Filipina Oliver Barbosa juga dengan poin 5. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...