Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Tirta Tahan Remis GM Sandro

Sabtu, 15 Oktober 2011

Share this history on :

PECATUR Indonesia, IM Tirta Chandra Purnama (2368) berhasil menahan remis GM Sandro Mareco (2597) dari Argentina dalam pertandingan babak ketiga Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2011 yang berlangsung di Le Meridien Hotel Jakarta Jumat (14/10). Dengan hasil itu Tirta berhasil meraih poin 2,5 MP. Diperkitakan posisinya berada di lima besar klasmen sementara.

Memegang buah putih Tirta Chandra berusaha untuk bermain stabil dan akhirnya ia berhasil menahan remis Grandmaster dari Argetina ini. Dengan hasil remis, Tirta Chandra kini menduduki posisi empat besar dengan poin 2,5. Dua poin diperoleh dari dua kemenangan di babak pertama dan kedua. Pada babak pertama, Tirta Chandra menang atas WIM Chelsie Monica Sihite (2100), di babak kedua Tirta berhasil menang melawan GM Tigran Kotanjian (2546), dan di babak ketiga ditahan remis Mareco Sandro dari Argentina.

Usai remis di babak ketiga, Tirta Purnama, yang prestasinya mulai besinar di tahun 2011 ini, berharap ia terus bermain stabil di babak berikutnya agar posisinya naik dari empat besar ke peringkat ketiga atau kedua. Meskipun dia mengakui hal itu tidak mudah, karena peserta dari 20 negara umumnya kuat-kuat.

Dalam ajang ini Tirta tak menargetkan untuk juara, sebab para pecatur yang tampil adalah kelas dunia. "Saya tidak punya target muluk-muluk di turnamen ini. Semua pecatur yang tampil adalah pecatur elit dunia. Masuk 10 besar bagi saya sudah bagus. Dan prestasi itu sudah sangat luar biasa," kata Tirta.

Tahun 2011 ini memang tahun cemerlang bagi Tirta. Betapa tidak. Bulan lalu ia mencatat prestasi cukup menggembirakan dalam kejuaraan catur Kuala Lumpur Open. Di babak ketujuh dia menang melawan GM Joseph Sanchez (2544). Tidak hanya itu saja, sejumlah Grandmaster lain dalam kejuaraan tersebut juga berhasil ia kalahkan. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...