Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Inasoc DKI Siapkan 2 Helikopter

Kamis, 10 November 2011

Share this history on :

PANITIA SEA Games XXVI lokal DKI Jakarta atau Inasoc DKI Jakarta menyiapkan dua buah pesawat helikopter untuk membantu penanganan evakuasi darurat yang terjadi pada saat berlangsungnya pesta olahraga akbar se -Asia Tenggara 11-22 November mendatang.

Ketua Inasoc DKI Jakarta Fadjar Panjaitan di Jakarta, Kamis (10/11/2011) mengatakan, dua helikopter itu akan digunakan saat keadaan darurat yang salah satunya untuk mengangkut atlet yang mengalami cedera saat perlombaan. Terutama untuk beberapa veneus yang lokasinya membutuhkan sarana tranfortasi khusus, seperti cabang layar di Pulau Putri, serta beberapa cabang lainnya..

“Wilayah Inasoc DKI Jakarta luas. Jadi diperlukan transportasi yang memadai. Banyak pula lokasi pertandingan yang sulit di jangkau,” kata Fadjar Panjaitan. Menurut dia, beberapa arena pertandingan yang menjadi fokus untuk penanganan kesehatan melalui udara adalah Gunung Pancar, Kabupaten Bogor dan arena balap sepeda “road race” yang akan finis di pintu gerbang Tangkuban Perahu.

Ditambahkannya dengan menggunakan transportasi udara, kata dia, jika atlet yang cedera akibat kejuaraan akan mudah dievakuasi ke rumah sakit yang telah menjadi rujukan selama SEA Games 2011 berlangsung. “Ada 34 rumah sakit rujukan yang dipersiapkan. 28 berada di Jakarta dan enam di Jawa Barat. Semua telah siap,” tambanya.

Selain menyiapkan rumah sakit, Inasoc juga menyiapkan pendukung bagi atlet maupun ofisial di antaranya 32 hotel termasuk di Jawa Barat, personel pendukung serta personel keamanan. Personel pendukung terdiri atas 665 license officer (LO), 2.193 “volunteer”, 1.025 “workforce” dan 117 anggota TNI yang juga berfungsi sebagai LO. Untuk personel keamanan terdiri 10 ribu personel Polda Metro Jaya dan 1596 personel Polda Jawa Barat.

Sedangkan untuk transportasi pendukung terdiri atas 746 kendaraan dan tujuh kapal. Selain itu juga disiapkan 45 unit “shuttle bus” pada 13 rute perjalanan yang menghubungkan antartempat pertandingan. SEA Games XXVI di DKI Jakarta akan pertandingkan 22 cabang olahraga dengan 27 disiplin. Adapun total cabang yang dipertandingkan termasuk di Palembang ada 42 cabang. Sedang jumlah atlet yang bertandingan di Jakarta sebanyak 3766 orang, ditambah dengan 1.877 ofisial dan 1135 wasit pertandingan. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...