Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kempo Target Juara Umum

Selasa, 15 November 2011

Share this history on :

TIM kempo Indonesia mentargetkan juara umum di SEA Games 2011. Untuk mencapai target itu, kempo harus merebut 8 hingga 10 medali emas. Cabang kempo yang baru pertama kali dipertandingkan di SEA Games ini memperebutkan 16 medali emas. Namun Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PB.Perkemi), tetap mewaspadai kekuatan lawan terutama dari Vietnam, Kamboja dan Laos.

Ketua Umum PB.Perkemi, Kusumo A Martoredjo mengakui kempo Indonesia memang sudah menembus persaingan dunia. Bahkan dalam kejuaraan dunia kempo 2009 lalu, kempo Indonesia tampil sebagai juara umum. "Sangat bisa dikatakan itu prestasi yang membanggakan, namun tidak otomatis bahwa kami akan bisa tampil tanpa rintangan keras di SEA Games kali ini," kata Kusumo.

Kusumo berharap dengan dipertandingkannya kempo di SEA Games, olahraga beladiri asal Jepang itu semakin digemari masyarakat khususnya di kawasan Asean. Pendapat senada juga disampaikan pelatih tim kempo Indonesia, Nasrul Qadar Taslim."Target kami memang lima emas, namun kami berharap dan berusaha keras untuk lebih dari itu," tutur Nasrul.

Lima emas dari 16 nomor yang dipertandingkan, memang terasa kurang greget apabila merujuk pada prestasi yang ditampilkan Indonesia selama ini. Namun, Nasrul mengingatkan, jika Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia (Perkemi) punya alasan khusus akan hal tersebut. "Ya, lima emas tersebut adalah target minimal yang kami yakin bisa dicapai. Untuk nomor seni (embu) kami optimis bisa mendominasi karena memang memiliki keunggulan dari sisi teknik," ujarnya lagi.

Namun, untuk nomor tarung (randori), seperti dikatakan Nasrul, peluangnya masih fifty-fifty mengingat atlet-atlet dari Vietnam, Kamboja dan Laos memiliki dasar ilmu bela diri lain yang dikombinasikan dengan kempo. Di SEA Games 2011 ini kempo digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas Jakarta Timur mulai Rabu, (16/11) ini sampai 20 Nopember mendatang.

Sementara itu Ketua Panpel Pertandingan Kempo SEA Games 2011, Wartoyo mengatakan, GOR Ciracas, Jakarta Timur siap seratus persen dipergunakan untuk menggelar pertandingan kempo. Wartoyo menambahkan untuk sarana penunjang penilaian yang dipergunakan untuk tim juri kepada para kensi yang bertanding, itu semua bisa dipergunakan dengan baik seperti penggunaan PC table dan komputer serta sarana penunjang lainnya. " Memang shorinji kempo akan menggunakan sistem komputerialisasi untuk penjurian nanti, dan sudah dilakukan adaptasi dan persiapan sofware serta hardwarenya," tambah Wartoyo. Jordan



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...