Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Gordon: Izin ISL Hanya Turnamen

Jumat, 09 Desember 2011

Share this history on :

BOPI mengakui bahwa pihaknya memberikan izin kepada ISL hanya bentuk turnamen bukan kompetisi. Demikian ditegaskan Ketua Umum Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Gordon Mogot. Ia menyatakan bahwa izin yang dikeluarkan pihaknya untuk Indonesia Super League (ISL) adalah izin turnamen, bukan izin kompetisi. Sebab, katanya, untuk sebuah organisasi mendapatkan izin kompetisi harus disertai dengan rekomendasi dari Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI).

Jadi jelas BOPI hanya mengakui Indonesian Premier League (IPL) sebagai kompetisi yang resmi dan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) yang berhak mengelar kompetisi di Indonesia.
"Kompetisi yang sah adalah IPL yang dikelola LPIS karena telah mendapat rekomendasi dari PSSI. Kalau ada pihak-pihak lain yang menggelar kompetisi tanpa rekomendasi dari PSSI, saya pikir itu hanya turnamen," kata Gordon dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (9/12/2011).

"PT LPIS sudah kita sahkan sehingga segala yang terkait dengan teknik pembinaan atlet profesional kita dukung," tambahnya. Gordon mengungkapkan, BOPI tetap akan melayani masyarakat atau organisasi yang ingin menyelenggarakan olahraga profesional. Syarat yang harus dipenuhi adalah ada akta pendirian, punya modal, dan ketentuan lain yang diatur undang-undang. Nah, menurut BOPI, PT LI sejauh ini belum terlihat sebagai pelaku olahraga profesional.

"Kalau mereka bilang profesional, mana data-datanya? Sampai saat ini kami tidak pernah menerima data-data bahwa mereka adalah pelaku olahraga profesional," ucap Gordon. Seperti diketahui, saat ini selain IPL juga ada kompetisi ISL yang dikelola PT Liga Indonesia (PT LI). Sebelumnya, BOPI, melalui Ketua Hariannya, Haryo Yunarto, telah memberikan rekomendasi untuk PT LI menggelar ISL. Rekomendasi inilah yang membuat PT LI akhirnya bisa mendapat izin keamanan dari pihak kepolisian dan menyelenggarakan ISL.

Disinggung soal pernyataan Haryo, Gordon mengaku tidak tahu bila masalahnya berkembang sejauh itu. "Sebab laporan yang masuk ke saya adalah seperti yang saja jelaskan tadi. Saya tidak tahu kalau itu sudah diteken, mungkin yang menerima ketua harian. Dan saya pikir itu hanya turnamen," tambah Gordon. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...