Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

EPI Targetkan Raih Medali di AG

Rabu, 14 Maret 2012

Share this history on :
KEBERHASILAN Equestrian Federation of Indonesia (EFI) dengan meraih 3 medali emas di pentas SEA Games 2011, tidak membuat olahraga berkuda ini lupa diri. Sebaliknya, pada tahun 2012, EFI memiliki rencana kerja jangka pendek dan jangka panjang untuk mensukseskan raihan emas di ASIAN Games yang akan datang.

Dalam jangka pendek ada beberapa even bergengsi baik itu tingkat nasional maupun internasional. Diantaranya Kejuaraan Dunia FEI Rintangan Liga Asia Tenggara, Piala Ketua Umum KONI yang ke-3, Kalender tahunan FEI World Dressage Challeng. Kalender tahunan FEI World Jumping Challenge, persiapan Atlet Dressage Prima Utama di Jerman, dan persiapan Atlet Eventing Prima Utama di Inggris untuk ASIAN Games.

Tahun ini merupakan kelanjutan kerja dari keberhasilan SEA Games, dan merupakan tahapan menuju ASIAN Games. Menurut Presiden EFI, Irvan Gading, beberapa even EFI Challenge , Indonesia selalu menjuarai pertandingan selama beberapa tahun. Oleh karena itu, diperlukan banyak mengikuti kejuaraan internasional untuk membangun kepercayaan diri para atlet berkuda.

“Demi kemajuan olahraga berkuda di Indonesia, bukan hanya harus mengikuti kejuaraan-kejuaraan bertaraf internasional, namun juga harus adanya dukungan dari pemerintah. Dukungan ini sangat kami butuhkan,” tegas  Irvan, saat jumpa pers di FX Senayan, Jakarta, Senin (12/3).

“Pemerintah dalam hal ini, ikut mendukung dalam hal pengadaan kuda, khususnya Departemen Pertanian untuk keluar masuknya kuda-kuda kompetisi,” terang Irvan.

EFI berharap dengan adanya dukungan porogram dari pemerintah yang berkesinambungan untuk olahraga berkuda, tidak hanya untuk multievent, namun juga adanya kerjasama yang saling mendukung untuk sepanjang event yang digelar. Selain dari pemerintah, dukungan juga dibutuhkan dari semua pihak agar EFI bisa melakukan yang terbaik dan berprestasi.

Sementara itu, atlet berkuda Indonesia yang sudah banyak mengharumkan nama bangsa dikancah internasional, Larasati Gading mengatakan, bahwa program pelatihan harus dilakukan secara konsisten dan simultan. “Hanya dengan upaya kerja keras dan bekerjasama dengan semua pihak serta semangat yang tinggi, Indonesia di ajang Ekustrian bisa berbuat baik dan menoreh prestasi gemilang serta dapat mengharumkan bangsa,” tegas Larasati.

Mengenai program jangka panjang, dalam rangka ke ajang ASIAN Games, Larasati mengatakan kalau program tersebut tetap jalan. “Kita perlu kerja keras untuk program jangka panjang ke ASIAN Games. Disitu banyak atlet-atlet muda yang berbakat dan berprestasi, yang nantinya dapat mengharumkan nama bangsa dan negara. Untuk itu kita tidak boleh lengah dan buang-buang waktu,” tutur model cantik ini.

Meski penyelenggaraan Asian Games masih dua tahun lagi digelar di Incheon, Korea pada 2014, namun kata Larasati, pihaknya harus  mempsersiapkan diri dari sekarang, khususnya dalam hal cuaca yang sudah pasti beda dengan cuaca di Indonesia. “Sebenarnya untuk cuaca di Korea tidak terlalu masalah. Memang Asian  Games akan diadakan di kota yang cuacanya sangat dingin. Tapi menurut saya itu lebih baik, daripada didaerah yang udaranya panas,” ungkap Larasati. Jordan
0

Read More
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...