Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Japfa & Percasi Layak Dinobatkan Menjadi Duta Pariwisata (1)

Jumat, 27 April 2012

Share this history on :


USAI sudah ajang perhelatan Japfa Chess Festival ke-7 2012 yang digelar di Hotel Atlet Century dan Wisma Serbaguna di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 15-20 April lalu. Dan juaranya pun sudah kita ketahui. Dua nomor bergengsi adalah Women Internasional diraih WGM Anna Burtasova (Rusia) dan kelas Senior Putra digenggam MI Tirta Chandra Purnama. Turnamen tahunan yang memasuki pelaksanaan ketujuh itu, berkat kerjasama antara perusahaan makanan siap saji PT Japfa Compeed dengan PB Percasi. Turnamen ini menjadi idola para pecatur lokal, nasional maupu internasional. Bukan hanya dari segi hadiah yang menggiurkan, sebab dalam setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Namun dari segi sistem poin masuk dalam hitungan PB Percasi dan FIDE.

Sejak diadakannya nomor bergengsi baik nomor Putra Internasional maupun Putri Internasional. Japfa Chess Festival (JCF), pamornya meningkat. Terutama gengsi para pecatur yang tampil di di dua nomor tersebut. Kendati pantia pelaksana silih berganti menampilkan partai tersebut. Dua tahun terakhir yang dimainkan adalah partai Putri Internasional (Women Internasional). Sebab PB Percasi ingin memiliki pecatur wanita yang tangguh, utamanya mereka diproyeksikan menjadi Grand Master Wanita (GMW).

Sejak PB Percasi berdiri pada 17 Agustus 1950 Indonesia hanya memiliki GMW Irene Kharisma Sukandar. Pencapaian gelar itu pun butuh waktu lama sekitar hampir 60 tahun. Irene diperkirakan baru menyandang gelar sekitar 3 tahun. Pasca Irene belum ada pecatur putri lainnyan. Usaha dan kerja keras Percasi belum tercapai. Kendati MIW Chelsie Monica Sihite, MIW Medina Warda Aulia, dan MN Yemi Jelsen sebagai pengganti Dewi Citra yang gagal tampil karena sakit. Mereka sudah diberikan kesempatan untuk mencuri poin dari pecatur asing yang elo ratingnya lebih tinggi, namun gagal. Medina memang sudah mencapai sekali norm GMWnya, artinya dia butuh dua norm lagi untuk menyandang GMW. Andai Medina berhasil meraih point 7,5 di JCF itu, secara otomatis dia tinggal sekali lagi meraih norm untuk resmi menyandang gelar WGM dan akan menjadi wanita kedua Indonesia.

Krisis prestasi pecatur wanita Indonesia memang tak terlepas dari minimnya pecatur stok wanita dibandingkan kaum pria. Namun sebenarnya upaya PB Percasi tidak jalan di tempat, mereka terus ber upaya untuk mengangkat prestasi kaum Hawa itu. Mulai dari pembentukan The Dream Team Girls, yang bermaterikan Medina, Chelsei, dan Dewi Citra. Sampai menyiapkan beberapa turnamen bergenggsi bagi mereka. Namun harus diakui proses itu memerlukan waktu yang panjang dan biaya yang sangat besar.

Ketiga Srikandi ini memang gagal menjadi yang terbaik di negeri sendiri, namun masa depan mereka masih panjang sebab usia ketiga pecatur ini tak lebih dari 20 tahun. Sehingga masih punya waktu panjang untuk mempersiapkan mereka kedepannya. Pujian datang dari Menpora Andi Alvian Mallarangeng saat membuka turnamen Japfa tersebut. Beliau mengatakan prestasi catur Indonesia tak pernah berhenti Bak Air menggalir.Pujian kusus dialamatkan pada pecatur wanita, sebab usia yang masih tergolong junior namun sudah memiliki prestasi senoir. Bahkan berani menantang para pecatur top mancanegara.

Ya, Japfa Chess Festival memang ajang untuk mencari point, untuk menggejar elo rating. Upaya mendatangkan pecatur top wanita dari mancanegara, yang memiliki elorating tinggi, disamping penampilan menarik bak seleberiti kerab hadir di turnamen ini. Yang paling anyar adalah tampilnya pecatur cantik asal Armenia Evgeniya Doluhonova. Doluhanova memang feminim dan cantik, wajahnya mengingkatkan kita akan seleberiti dari Famili Ashari. adalah Sarah Ashari. Setiap ia tampil para penonton dan peserta selalu terkesima dan terpesona melihat paras wajahnya. Tak salah memang PB Percasi selalu menampilkan pecatur wanita yang mempunyai nilai lebih, disamping punya prestasi namun wajah dan body yang membuat masyarakat tak bakal melewatinya. Bersambung.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...