Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

11 Pecatur Tampil di Kejuaraan Asia di China

Senin, 07 Mei 2012

Share this history on :

PB PERCASI akan mengirimkan 11 pecatur Indonesia untuk mengikuti Asian Nations Chess Cup (Kejuaraan Catur Negara Asia Beregu Putra-Putri) di Zao Zhuang, Provinsi Shandong, China, 15-27 Mei 2012. Demikian ditegaskan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi)Henry Hendratno. di Jakarta, Minggu.

"Dari 11 pecatur, sembilan diantaranya kini sedang mengikuti Kejuaraan Asia Kontinental di Ho Chi Minh, Vietnam. Nanti mereka akan langsung ke China," kata Henry Hendratno. Sembilan pecatur yang saat ini berada di Vietnam adalah GM Susanto Megaranto (Jabar), FM Hamdani Rudin (Jabar) di bagian putra.

Selain itu, WGM Irene Kharisma Sukandar (Jabar), WIM Chelsie Monica Sihite (Kaltim), WFM Dewi AA Citra (Kaltim), WIM Medina Warda Aulia (DKI), WNM Firda Riska (Sumsel), WNM Yemi Jelsen (Riau) di bagian putri. Tiga pecatur lainnya adalah para juara hasil seleksi Percasi dari Kejuaraan Best of the Best, yakni M. Lutfi Ali (Jateng), M. Ervan (Jatim), Sumardi Saidul Ula (Jabar).

"Ketiga pecatur ini tidak ikut kejuaraan di Vietnam. Nanti mereka langsung diterbangkan ke China sebelum tanggal 15 ini," ujar Henry. Ia menambahkan bahwa jika ada pecatur Indonesia yang menjuarai kejuaraan tersebut, maka akan mendapat peluang untuk berlaga di kejuaraan dunia pada 2013.

"Ini juga merupakan ajang uji coba dari Percasi menuju Olimpiade Catur nanti. Kami masih memantau mereka, dan jika hasilnya bagus tidak menutup kemungkinan untuk bermain di Olimpiade," katanya. Cabang catur masuk ke dalam Olimpiade Olahraga Berpikir yang akan digelar di Istanbul, Turki pada 27 Agustus hingga 9 September 2012.

Sementara itu pernyataan yang sama disampaikan GM Utut Adianto Wakil Ketua Umum PB Percasi bahwa perkembangan para pecatur Indonesia cukup membanggakan. "Hanya saja ditingkat dunia belum memiliki prestasi yang spektakuler," ujar Utut, yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI, usai memberikan apresiasi kepada wartawan dalam acara pemberian hadiah lomba karya tulis dan foto Japfa Chess Festival di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Mingggu (6/5). Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...