Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Joshua Jaga Tradisi Indonesia Juara

Sabtu, 09 Juni 2012

Share this history on :

JAKARTA – Pegof Joshua Andre Wirawan, menjaga tradisi Indonesia selama tiga tahun berturut-turut sebagai juara. Pegolf berusia 15 tahun ini mampu memenangi pertarungan untuk meraih juara umum Individu Putra. Gelar juara ini dapat dipertahankan Indonesia sejak 2010.

Jovi Ocvandio Pangabean meraih gelar bergengsi ini dua tahun lalu, kemudian dilanjutkan Jordan Surya Irawan pada 2011. Kali ini Joshua meraih gelar yang sama. Trio J mempertahankan supremasi Indonesia dalam gelar bergengsi ini dalm 3 tahun.

Secara keseluruhan, Thailand tetap menjadi raja dalam pergelaran akbar junior di Indonesia. Negeri Gajah Putih ini merebut Juara Umum Beregu Putra melalui pasangan Danthai Boonma dan Sarit Suwannarut. Selain itu, Thailand memborong lima nomor (Kelas A, B, C dan D Putra serta C Putri). Jepang meraih dua gelar, yaitu Juara Umum Beregu Putri (lewat Yu Okamura dan Saya Aono) dan Kelas A Putri (lewat Yu Okamura). Satu-satunya gelar yang lepas adalah Kelas B Putri yang diukir pegolf China Taipei, Cheng Ssu Chia, dan Kelas D Putri oleh Natasha Andrea Oon .

Pertarungan Joshua meraih gelar juara melalui pertarungan yang mendebarkan. Sempat tertinggal tiga pukulan hingga hole 14, Jordan mampu menipiskan pukulan di hole 15, menjadi satu pukulan. "Itu menjadi titik balik saya. Dia (Boonma) membuat double bogey, saya bisa bermain par,” jelas Joshua.

Bahkan, di hole berikutnya, hole 16, pegolf asal Surabaya itu mampu membalikkan keadaan. Joshua mencetak eagle, sedangkan Boonma par. Joshua unggul dua stroke. Namun, Boonma mampu menyamakan stroke dengan Joshua di hole 17, ketika Boonma birdie dan Joshua bogey. Di hole akhir Boonma harus mengakui keunggulan Joshua, ketika ia hanya membuat bogey, sedangkan lawannya par.

“Usai membuat eagle saya sudah yakin bisa menang. Namun, di hole 17, saya bikin bogey sehingga skor sama. Beruntung dia bogey di hole akhir. Gelar ini anugerah bagi saya. Jujur saja saya terkejut bisa meraih gelar juara,” katanya.

Joshua menang dengan skor total 287 (75, 76, 67, 69), unggul dari Danthai (288) dan Jordan Irawan yang tiba-tiba menyodok di hari terakhir setelah bermain 4 under (68) sehingga mengumpulkan skor total (292). Bagi Danthai, ini menjadi kegagalan kedua setelah tahun lalu juga dikalahkan Jordan di hari terakhir.

Di Kelas B Putra, langkah Sarit Suwannarut tidak terbendung. Memimpin dari hari pertama, pegolf Thailand ini akhirnya menutup pertandingan di hari ketiga dengan gelar juara di kelas usia 13-14 tahun. Meski menutup permainan hari ini dengan skor 2 over (74), posisi Sarin tidak tergusur dengan perolehan skor total 290 (73, 73, 70, 74) atau 2 over par.

Sementara, Yuwa Kosaihira (Jepang) harus puas di posisi kedua. Meski sempat bermain impresif (dengan 4 under kemarin) dan berpeluang menggusur Sarin, Yuwa hari ini hanya mampu mencetak skor 75, dan mengoleksi angka total 292 (74, 75, 68, 75), tertinggal 2 pukulan.

Sementara, di Kelas A Putri, Yu Okamura (Jepang) tanpa kesulitan berhasil meraih gelar juara Kelas 15-17 Putri ini. Bermain dua under par (70), Yu mengumpulkan skor total 215 (72, 73, 70), dengan 1 under. Yu meninggalkan jauh lawan terdekatnya, Gianti Mahardika (Indonesia), yang hanya mampu mengumpulkan skor total 225 (77, 72, 76), 11 over. Peringkat ketiga diduduki Tsai Hsin En (China Taipei, Taiwan), yang meraih skor total 227. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...