Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Percasi Kembali Gelar Kejurnas Catur Mahasiswa

Senin, 09 Juli 2012

Share this history on :
UNTUK kali kelima PB Percasi menyelenggarakan Kejurnas Catur antar mahasiswa yang bekerja sama dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Yang berlangsung di Gedung Pendidikan Nasional Jakarta, dari 8-12 Juli. Event ini secara resmi dibuka oleh Dirjen Dikti yang disaksikan Wakil Ketum PB Percasi Utut Adianto, Sekjen Percasi Hendry Endratno, dan Kabid Percasi Ricardo.

Menurut Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi Ricardo bahwa tujuan diselenggarakan kejuaraan ini adalah untuk meningkatkan prestasi atlet catur baik di tingkat sekolah mapun mahasiswa. "Peningkatan prestasi melalui jalur mahasiswa sangat penting sekali. Cabang catur merupakan olahraga mengola otak. Dengan begitu sangat tepat apabila mahasiswa diberikan penempaan olahraga catur," tuturnya.

Saat ini Percasi, saat ini sedang fokus melakukan pembinaan usia dini. "Pembinaan olahraga catur melalui jalur sekolah mempunyai tingkatan mulai dari ASEAN, Asia maupun dunia. Bahkan memiliki multi event tersendiri melalui POMNAS maupun POM ASEAN dan ASIA. Melalui jalur mahasiswa dapat membawa nama harum bangsa dan negara dipentas internasional," katanya. Dalam Kejurnas Catur kali ini, para pecatur handal yang telah menyandang status mahasiswa diperoblehkan untuk tampil.

Para pecatur papan atas Indonesia yang tampil adalah GM Susanto Megaranto, MI Tirta Chandra Purnama, FM Khaisar Jenius Hakiki dan beberapa pecatur bergelar MN. "Hal ini dilakukan dengan harapan dapat memacu mahasiswa lain mengikuti jejak dia mengukir prestasi di dunia catur," ujarnya. Melalui pembinaan yang dilakukan terhadap mahasiswa, tidak menutup kemungkinan para pecatur nasional dapat terpacu untuk menekuni olahraga dan meningkatkan kemampuan akademik. "Dengan begitu, pecatur nasional bisa menjabat dipemerintahan maupun di dunia legislatif seperti halnya Utut Adianto yang kini duduk di DPR RI," kata politisi dari Partai PDIP itu. Jordan



Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...