Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Remaja China Pecahkan Rekor Dunia, Sekaligus Raih Emas di Olimpiade

Minggu, 29 Juli 2012

Share this history on :

PRESTASI para atlet China memang sangat dominan di ajang Olimpiade 2012 ini. Bukan hanya berhasil meraih kepingan emas, namun yang sangat fenomenal atlet Negara Tirai Bambu ini, juga berhasil memecahkan rekor dunia. Bukti nyata saat Ye Shiwen, perenang yang baru berusia 16 tahun berhasil menyabet medali emas di nomor 400 meter individual gaya ganti sekaligus memecahkan rekor dunia.

Ye menjadi yang tercepat diantara perenang lainnya saat bertanding di Aquatics Centre, London, Minggu (29/7/2012) dinihari WiB. Mencatatkan waktu 4 menit dan 28,43 detik. Ia unggul 2,84 detik dari perenang Amerika Serikat, Elizabeth Beisel, yang ada di tempat kedua. Hebatnya torehan waktu Ye itu juga lebih cepat 1,02 detik dari rekor dunia sebelumnya atas nama perenang Australia, Stephanie Rice, yang dicetak di Olimpiade Beijing.

Ia merupakan perenang China kedua yang berhasil mencatatkan nama dalam buku rekor dunia cabang renang 400 meter gaya ganti. Sebelumnya, Chen Yan juga pernah melakukan hal serupa di Olimpiade Shanghai tahun 1997. "Aku begitu bahagia, ini di luar impian. "Pelatihku bilang dia tak menyangka aku akan bisa mencapai hasil ini," katanya seperti dikutip dari Reuters.

Prestasi Ye ini sekaligus menjawab kritikan atas sejumlah kalangan bahwa China melatih atlet-atletnya bagaikan robot-robot. "Tentu saja tidak," katanya kepada wartawan seraya mengaku dirinya "terlalu gembira untuk berpikir". "Aku pikir kami punya pelatihan yang sangat bagus, pelatihan yang berbasis sangat ilmiah, itulah alasan mengapa kami semua menjadi maju," tambah Ye. (Dan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...