Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Angkat Besi Butuh Perhatian Pemerintah

Kamis, 09 Agustus 2012

Share this history on :

SEJAK keikutsertaan Indonesia di Olimpiade, baru kali ini bulutangkis gagal meraih emas. Jangankan emas, perunggu pun tidak sama sekali. Padahal kalau kita mau jujur bulutangkis mendapat perhatian yang lebih dari pemerintah, baik sarana maupun prasarana. Bandingkan dengan Angkat besi yang menyelamatkan muka Indonesia. Dengan raihan perak melalui Triyatno dan perunggu oleh Eko Yuli. Jangankan fasilitas dan perhatian dari pemerintah , uang saku atlet pun konon pembayarannya terlambat.

Menurut Lukman selaku menejer dan pelatih kedua lifter tersebut menyatakan bahwa selama persiapan latihan di Indonesia, kami menyewa untuk tempat latihan. Beruntung kami mendapat try-out di China sebelum bertempur di London. “Kami memang kurang mendapat fasilitas, terutama tempat latihan yang standar. Tapi kami tetap berjuang sekuat tenaga agar kami tetap bertahan. Dan membuktikan kalau angkat besi sanggup meraih medali di Olimpiade. Syukur rasanya kami berhasil, ini adalah buah kerja keras,” kata Lukman kepada Olahragaonline.com.

Sudah selayaknya angkat besi mendapat perhatian yang sama dari pemerintah. Sebab prestasi para lifter Indonesia di ajang OG sudah terbukti, dimulai dari prestasi raihan perak di OG Sydney 2000 oleh lifter Lisa Rumbewas, sampai perak Triyatno di OG London. Memang untuk medali emas belum tercapai. Namun peluang kearah itu sangat besar. Apabila angkat besi benar-benar menjalankan proses pembinaan jangka panjang dan sistem pembinaan berlapis serta fasilitas latihan yang standart.

Menurut Lukman bahwa para lifter Indonesia mempunyai peluang yang cukup besar meraih emas di ajang Olimpiade Rio de Jenero 2016 mendatang. Dengan catatan proses pembinaan dimulai dari sekarang. “Negara-negara kuat, seperti China dan Korut membina atletnya bukan 2-3 tahun, namun lebih dari itu. Disamping itu mereka memberlakukan regenerasi atlet, serta pembinaan berlapis. Saya yakin apabila didukung oleh semua pihak angkat besi mampu meraih emas di olimpiade,” harap Lukman. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...