Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Juara Grub C , Putri Indonesia Peringkat 24 Dunia

Selasa, 11 September 2012

Share this history on :

TIM Putri Catur Indonesia membuat sejarah Olimpiade Catur 2012 dengan menjuarai Grup C pada ajang catur dunia itu di Istambul, Turki, setelah pada babak terakhir 11, mampu mengalahkan tim unggulanke18, Yunani 3-1. Hasil itu sungguh diluar dugaan dan perkiraan pengamat catur. Betapa tidak Yunani yang pada awal bakal unggul telak 4-0, sebab turun dengan materi terbaik, sedangkan Indonesia tanpa pemain nomor satu GMW Irene Kharisma Iskandar.

Indonesia hanya diperkuat WFM Median Warda Aulia (2218), WIM Chelsie Monica Sihite (2162), WFM Dewi Citra(2143), dan Umi Fisabililah. Jelas materi ini kalah kelas dari pecatur Yunani. Namun perjuangan anak asuh Ruslan Serbakov ini tak mau menyerah begitu saja. Mereka bahka berjuang sampai titik darah penghabisan.

Diawali perjuangn di papan satu, meski sejak awal terus mendapat tekanan dari IM Yelena Dembo (2457), WFM Medina Warda Aulia (2218) dengan tenang meladeni pemain Yunani yang selama bertanding di arena Olimpiade ini tercatat tak pernah kalah itu. Di luar dugaan Medina berhasil mengungguli Yelena dengan langkah-langkah yang sulit diduga. Begitu juga dengan WIM Chelsie Monica Sihite (2162) yang tak mau kalah, bermain dengan cemerlang untuk mengalahkan WGM Anna Maria Botsari (2336).

Partai yang cukup menegangkan adalah saat WFM Dewi AA Citra (2143) yang sudah dalam posisi unggul terus mendapat perlawanan dari WIM Ekaterini Fakhiridou (2215), sehingga pertandingan pun berjalan alot. Namun akhirnya Medina berhasil menyumbangkan 1poin kemenangan juga bagi Indonesia. Satu-satunya partai yang terlepas adalah saat Ummi Fisabilillah kalah dari pemain berelo rating 2237, Ekaterini Pavlidou, yang memang di atas kertas kemampuannya jauh di atas Ummi.

Menurut Kristianus Liem selaklu menejer Tim Indonesia yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut,bahwa perjuangan dan penampilan anak-anak sangat luar biasa. “Penampilan mereka memang sangat luar biasa. Bahkan yang sangat sensanional dilakukan di babak akhir, untuk penentuan juara grub, sekaligus penentuan peringkat,”kata Kris lewat surat emailnya kepada olahragaonline.com. Dengan itu maka Indonesia posisi peringkat dunia naik dari 54 menjadi 24 dunia. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...