Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PBSI Hanya Loloskan 2 Calon Ketum

Kamis, 20 September 2012

Share this history on :
PENGURUS Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) hanya meloloskan dua calon Ketua Umum PBSI, yakni Ketua Pengrov PBSI DKI Jakarta Icuk Sugiharto dan Menteri Perdagangan Gita Wiryawan. Kedua calon ini bakal memperebutkan kursi Djoko Santoso di Munas PBSI pada 20-22 September di Yogyakarta. Sedangkan Ketua DPR RI Marzuki Alie dinyatakan gugur.Demikian ditegaskan Ketua Bidang Organisasi PB PBSI Koesdarto Pramono kepada wartawan di Markas PBSI di Cipayung, Jakarta-Timur, Rabu (19/9).

Menurut Koesdarto keputusan itu sudah melalui prosedur yang ada. “Sesuai aturan organisasi yang telah kami edarkan ke seluruh Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI, maka setiap calon wajib memenuhi persyaratan berupa surat pernyataan kesediaan menjadi ketua umum, surat dukungan, dan surat rekomendasi pencalonan dari pendukung. Berdasarkan persyaratan itu, dua calon yaitu pak Icuk dan pak Gita dinyatakan lolos,
Sedangkan Marzuki Alie, menurut Koesdarto tidak lolos. Sebab sampai batas terakhir penyerahan persyaratan, Selasa (18/9) pukul 12.00 WIB, kami hanya menerima surat kesediaan dan surat dukungan, sementara surat rekomandasi tidak pernah kami terima.

Koesdarto menambahkan bahwa sejak mengumumkan akan digelarnya Munas PBSI, 20-22 September, PB PBSI sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada seluruh Pengprov dan juga undangan untuk menghadiri Munas. Dalam surat itu juga diberitahu tata cara pencalonan ketua umum PB PBSI. Untuk menerima pendaftaran calon ketua umum, PBSI membuka masa pendaftaran dari tanggal 28 Agustus hingga 18 September, pukul 12.00 WIB. Selama masa pendaftaran itu hanya tiga calon. Pada 3 September, Icuk Sugiarto mendaftarkan diri melalui salah seorang utusan Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta itu.

Icuk melengkapi semua berkas sebagai syarat sebagi calon ketua dengan melampiri surat pernyataan dan rekomendasi dari pengprov DKI Jakarta.Kemudian pada 5 September, Gita Wirjawan menyerahan berkas pendaftarakan dan ada rekomendasi dari Pengprov Yogyakarta karena Gita pernah tinggal di Yogyakarta. Pada 18 September, pukul 10.00 WIB, Marzuki Alie memasukan berkas pendaftaran. Sayangnya, berkas Marzuki tidak lengkap karena ia hanya melampiri surat pernyataan, tapi tidak melampirkan surat rekomendasi dari Pengprov.

“Kami telah memberitahu kepada pihak Marzuki Alie bahwa persyaratannya masih kurang lengkap. Tapi hingga batas akhir pendaftaran. Kami tidak menerima kelengkapan persyaratan itu. Karena berkas Marzuki tidak lengkap maka dinyatakan tidak sah sehingga digugurkan,” jelas Koesdarto yang juga Ketua Pengprov PBSI DI Yogyakarta itu. Gagalnya Marzuki Ali untuk bertarung, akhirnya hanya menyisakan dua nama saja yang akan bersaing menduduki kursi PBSI 1 periode 2012-16. Yakni Icuk Sugiarto dan Gita Wirjawan akan bersaing dalam Munas tersebut. Dari informasi yang berkembang Gita kabarnya mendapat dukungan 26 Pengprov, sementara kubu Icuk juga mengklaim didukung 20 Pengprov. (Jordan)


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...