Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

China Dominasi IOCC 2

Jumat, 19 Oktober 2012

Share this history on :
PARA pecatur China mendominasi ajang Indonesia Open Chess Champoinship (IOCC). Dua pecatur muda China berhasil menempatkan diri menjadi yang terbaik. Adalah Grand Master Yu Yangyi yang merebut gelar juara menyusul kompatriotnya GM Li Chao B, yang berakhir Rabu (17/10) di Hotel Grand Sahid.Setelah babak terakhir sembilan, Yu Yangyi memiliki nilai sama dengan Li Chao 7,5. Namun, Yu dipastikan juara karena menang perhitungan solkof.

"Kemenangan ini adalah buah dari kerja keras, saya. Di China catur memang kalah pavorit dari catur China. Tapi saya tetap konsentrasi bermain catur. Dan terus mengembangkan bakat yang saya miliki,' kata GM Yu Yangyi kepada wartawan usai petandingan. Ia berjanji jika tahun depan diundang panitia siap untuk tampil kembali.

Lebih lanjut pecatur yang baru berusia 19 tahun ini menilai bahwa penampilan para pecatur Indonesia sudah menunjukkan kemajuan, dan cukup menjadi pesaing pada turnamen catur internasional IOCC 2012. "Pecatur Indonesia cukup bagus, dan cukup menunjukkan kemajuan dibanding pada kejuaraan Indonesia Open tahun lalu," katanya. Dari sederet para GM yang tampil menurut Yu adalh perlawanan paling berat dari pecatur Belanda GM Sokolov Ivan.

Sementara itu, beberapa pecatur top Indonesia masih belum mampu bersaing ketat dengan para pecatur grandmaster luar negeri, dan prestasi tertinggi pecatur Indonesia hanya berada di urutan ke-27 yang dibuat GM Susanto Megaranto dengan mengumpulkan 5,5 poin. Dua pecatur Indonesia lain yang memiliki poin sama dengan Susanto adalah Awam Wahono dan Hamdani Rudin. Susanto mengakui cukup kecewa tidak mampu mendekat dengan mereka. Akan tetapi, memang kami secara elo rating dan pengalaman tanding masih kalah dari mereka.

Demikian halnya GMW Irene Kharisma Sukandar masih terpaut cukup jauh dengan para pecatur grandmaster asing. Irene cukup terpuruk di posisi ke-63. Tiga pecatur muda putri Indonesia yang diturunkan pada kejuaraan IOCC 2012; WIM Chelsea Monica Sihite, WIM Medina Warda Aulia, dan WFM Dewi AA Citra cukup jauh berada di bawah urutan 60 besar. Chelsie berada pada urutan ke-64, Medina ke-67, dan Dewi AA ke-96.

Pada penutupan event IOCC Ketua PB Percasi Hashim Djojohadikusumo mengatakan bahwa turnamen IOCC 2012 ini cukup sukses meskipun para pecatur Indonesia yang turun bertanding belum mampu menempel ketat para pecatur asing bergelar grandmaster. "Turnamen ini saya anggap sukses, ini turnamen internasional besar, dan saya pikir hasil Susanto lumayan juga mengingat yang dia hadapi sembilan pecatur grandmaster kelas dunia," kata Ketua Umum PB Percasi. Diakui Hasyim bahwa even IOCC 2 ini, kami sengaja mengundang pecatur hebat agar para pecatur Indonesia terpacu untuk meraih prestasi dan terus meningkatkan elo rating mereka. (Jordan)

ya.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...