Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Icuk:Achasul Layak Jadi Menpora

Minggu, 06 Januari 2013

Share this history on :
AYAH Kandung pebulutangkis Tommy Sugiharto yang juga mantan juara dunia bulutangkis Icuk Sugiarto berkomentar tentang pengganti Menpora pasca mundurnya Andi Mallarangeng. Icuk yang juga Ketua Umum Pengprov PBSI DKI ini menilai sosok seperti Achsanul Qosasi layak dipertimbangkan untuk mengisi kekosongan jabatan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu. Menurut mantan Staf Ahli Menpora Adhyaksa Dault ini figur Menpora adalah orang yang benar-benar mempunyai komitmen tinggi di bidang olahraga dan juga kepemudaan. Itu penting karena masalah olahraga dan pemuda saat ini memang butuh penanganan yang sangat serius.Dan Achsanul memiliki kapasitas itu

Saat ini calon Menpora mendatang itu memang ramai dibicarakan seperti Achsanul Qosasi dan Ramadhan Pohan yang merupakan kader partai Demokrat, serta salah seorang orang dekat Presiden SBY, Velix Wanggai, dan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Helmy Faisal yang merupakan kandidat Menpora menggantikan Andi Mallarangeng. “Semua tergantung bapak presiden. Apakah dengan keberadaan Menpora, bapak presiden ingin menyelesaikan masalah olahraga dan pemuda atau hanya sekadar untuk mendudukkan figur Menpora untuk kepentingan politik. Yang pasti saat ini, kita ingin Menpora baru bisa menyelesaikan berbagai macam persoalan pelik yang tengah dihadapi dunia olahraga Indonesia juga bagaimana menyelesaikan masalah kepemudaan,” ungkap Icuk yang juga pernah aktif di KNPI dan Kosgoro ini.

Terkait nama-nama yang telah muncul, Icuk menilai, sosok Achsanul Qosasi perlu dikedepankan. Icuk mengaku kenal baik dengan Achsanul Qosasi. “Tanpa mengesampingkan yang lain, saya rasa Achsanul Qosasi adalah figur yang tepat. Beliau adalah seorang yang memiliki komitmen tinggi di bidang olahraga dan sampai saat ini terlibat penuh membina olahraga. Achsanul sangat tahu dengan berbagai persoalan olahraga yang terjadi. Ia juga paham dengan masalah kepemudaan. Dan lebih penting lagi, beliau adalah kader Demokrat yang cukup menonjol. Memang untuk mencari figur yang sempurna memang sulit, tetapi saya menilai Achsanul memiliki kapabilitas dan track record yang baik untuk menduduki jabatan itu,” tandas Icuk lagi.

Icuk menilai, apa yang terjadi di dunia olahraga dan pemuda saat ini butuh penanganan yang lebih serius dan intensif. Untuk itu, Presiden SBY diharapkan segera memutuskan penunjukkan Menpora baru, yang saat ini masih dijabat rangkap oleh Menko Kesra Agung Laksono. “Minimal dengan adanya Menpora, kinerja Kemenpora akan lebih fokus untuk bisa melakukan penataan yang lebih baik di bidang olahraga dan kepemudaan. Paling tidak sampai sebelum masa bakti presiden berakhir, ada titik temu masalah kepemudaan dan di bidang olahraga yang selama ini banyak terjadi polemik bisa diselesaikan sesuai aturan yang ada,” kata Ketua Ikatan Atlet Nasional Indonesia (IANI) ini.

Untuk itu, Icuk menyarankan agar penunjukkan Menpora baru tidak hanya sekadar sosoknya saja, tetapi juga orang yang benar-benar memiliki visi dan misi di bidang olahraga dan pemuda. “Kalau itu terjadi, jangan banyak berharap, olahraga akan sesuai impian masyarakat yaitu pembangunan olahraga Indonesia yang lebih sistematik, desain yang lebih komprehensip, dan penegakan aturan secara benar. Berbeda bila yang ditunjuk orang yang memahami betul di dua domain tadi yaitu olahraga dan pemuda, serta mempunyai wawasan luas di bidang tersebut,” urai Icuk.

Hal senada diungkapkan pengamat olahraga nasional Tubagus Adhi. Menurutnya, Menpora mendatang harus yang visioner serta menguasai dunia olahraga dan kepemudaan. “Begitu rumit permasalahan yang terjadi di dunia olahraga serta kepemudaan. Dan orang yang bisa mengemban amanat itu, adalah orang yang benar-benar mempunyai visi dan mencintai olahraga. Saya sangat kenal Achsanul, saat sama-sama menjadi pengurus PSSI. Beliau adalah sosok yang sangat paham dengan permasalahan olahraga dan pemuda. Lebih penting lagi, beliau tidak segan-segan memanfaatkan waktu luangnya sebagai seorang politikus dan pengusaha, untuk menjadi pembina olahraga,” jelas Tubagus Adhi. (Jordan)


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...