Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PB Percasi Siap Datangkan Empat Pelatih Asing

Selasa, 05 Maret 2013

Share this history on :
UNTUK mengantisipasi program pembinaan jangka panjang. PB Percasi (Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia) mengambil langkah akan mendatangkan empat pelatih asing, langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemain dan pelatih di Indonesia. Demikian disampaikan oleh Penasehat PB Percasi Eka Wirya Putra. Menurut Eka, salah satu faktor yang membuat PB Percasi kesulitan untuk bisa mencetak pecatur-pecatur handal yang siap bersaing di pentas catur dunia adalah karena sangat minimnya jumlah pelatih yang mumpuni di Tanah Air.

“Selama ini, yang menjadi kendala bagi kita untuk bisa mencetak pecatur handal adalah karena sangat minimnya jumlah pelatih berkualitas yang kita miliki, khususnya di daerah. Oleh karena itu, untuk mengatasi persoalan ini, dalam waktu dekat PB Percasi akan mendatangkan empat pelatih asing. Selain bertujuan untuk menempa para pecatur kita, mereka juga akan kita minta untuk meng-upgrade (meningkatkan) kualitas para pelatih kita baik yang di Jakarta maupun yang ada di daerah,” kata Eka yang didampingi Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem kepada wartawan di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/3).

Kristianus Liem menambahkan sejauh ini dari keempat pelatih asing yang rencananya akan dikontrak tersebut baru dua yang telah menyatakan kesiapannya. Keduanya adalah pelatih berkebangsaan Rusia, Ruslan Cherbakov dan Rustam Khusnutdinov dari Kazakhstan. “Ruslan dan Rustam sudah menyatakan kesediannya untuk kita kontrak selama enam bulan, mereka akan datang ke Indonesia pada 20 Maret mendatang. Sementara dua pelatih lainnya masih dalam proses. Sebenarnya banyak yang kita kontak, antara lain pelatih asal Belarusia, Andrey Kolev dan ada juga dari Polandia. Tapi kita tidak ingin terburu-buru, kita cari pelatih yang paling direkomendasikan karena ini berkaitan dengan pendanaan,” ujar Liem.

Sementara itu dalam lanjutan Seleknas Catur Junior U-14 kelompok putri di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Bekasi, Senin (4/3). Pecatur asal Jawa Barat, MPW Vania Vindy Chandra, yang hingga babak ke delapan mengumpulkan 7,5 poin. Diikuti pecatur Sumatera Selatan, MPW Nyimas Sonya Nafa, yang meraih 5 poin. Sudah dipastikan Vania juara. Pasalnya satu babak terakhir nilainya tak teerkejar pecatur putrid lainnya. Di kelompok putra terdapat empat pecatur bersaing ketat, yakni Novendra Prihasmoro, dengan 6,5 poin. Lainnya ada FM Arif Abdul Hafiz, Surya Setiawan (Sumatera Selatan) dan Mohammad Agus Kurniawan (Jawa Timur). Babak ke-9 yang dimainkan pada hari terakhir (Selasa, 5/3) akan menjadi penentu bagi keempat pecatur tersebut. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...