Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

46 Pecatur Indonesia Siap Ladeni Pecatur Asing di IOCC

Kamis, 10 Oktober 2013

Share this history on :
SEKITAR 46 pecatur pecatur Indonesia siap meladeni sekitar 70 pecatur internasional pada Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2013 yang akan berlangsung 9-18 Oktober. Para pecatur Indonesia adalah atlet pelatnas SEA Games 2013 Myanmar, seperti GM Susanto Megaranto, GMW Irene Kharisma Sukandar, GMW Medina Warda Aulia, WIM Chelsie Monica Sihite, Dewi AA Citra, M Luthfi Ali dan Farid Firmansyah.
Demikian ditegaskan Ketua Binpres PB Percasi Kristianus Liem, menurut Kris bahwa ini merupakan kesempatan terbaik bagi pecatur Indonesia, terutama pecatur Pelatnas SEA Games 2013 untuk menjajal pecatur kelas duni. “Bagi pecatur pelatnas event ini merupakan ajang terbesar dan uji coba terakhir jelang SEA Games Desember mendatang. Kami berharap pecatur Indonesia memanfaatkan betul event ini,” harap Kris sapaan akrab Kristianus Liem.
Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum PB Percasi Hashim Djojohadikusumo menyatakan bahwa penyelenggaraan IOCC terus mengalami peningkatan secara signifikan. Baik dari segi jumlah peserta maupun jumlah hadiah. “Kami berkomitmen bahwa ajang IOCC akan terus ada peningkatan, baik dari kualitas maupun kwantitas. Sangat jarang pecatur dunia mau tampil di sebuah turnamen. Mereka mau tampil melihat berkelas dan bermutu,” kata Hasyim kepada wartawan di Jakarta, Rabu (9/10).
Hasyim menambahakan event ini momen yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas pecatur Tanah Air. Sebab para pecatur yang tampil bukan sembarangan. Sebagian dari mereka adalah pecatur tingkat dunia, seperti GM Antoaneta Stefanova (Bulgaria) dan Hoan Thanh Trang (Hongaria). Juga ada juara Eropa 2013 Aleksandr Moiseenko (Ukraina) dan mantan peringkat dua dunia, Nigel Short (Inggris).
Masih menurut Hasyim, penyelenggaraan IOCC ini adalah bagian untuk membina dan mengembangkan catur Indonesia menuju pentas dunia. Hanya dengan memberi kesempatan sebanyak mungkin kepada pecatur nasional dengan pecatur dunia, maka akan memacu prestasi mereka. Hasyim merasa bersyukur bahwa IOCC sudah diakui Federasi catur Dunia (FIDE). “Event IOCC sudah masuk dalam kalender FIDE, kita bangga akan hal itu. Artinya IOCC sudah diakui dan berkelas,” tandas Hasyim.. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...