Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PGN Livoli Kembali Digelar

Kamis, 10 Oktober 2013

Share this history on :
UNTUK kali kedua PGN berpartisipasi di ajang PGN Liga Voli Indonesia (Livoli) 2013. Untuk tahun ini akan diikuti 8 tim terbaik putra-putri Divisi Utama 2013 yang akan digelar di GOR Baurekso, Kendal, 13-20 Oktober. Demikian ditegaskan Ketua Panitia PGN Livoli Divisi Utama 2013 Hanny Surkatty.

Menurut Hanny, kejuaraan ini merupakan ajang kompetisi tertinggi bagi klub bola voli amatir di Indonesia. "Ada perbedaan dengan Pro Liga, yang mengikut sertakan pemain asing, namun di Livoli tidak ada pemain asing. Pemainnya murni atlet hasil pembinaan yang dilakukan klub-klub terbaik di Tanah Air. Berbeda dengan Proliga yang boleh menampilkan pemain asing. Meski tanpa pemain asing, kejuaraan ini dipastikan akan seru," kata Hanny kepada wartwan di Jakarta, Rabu (9/10).

Kedelapan tim putra yang akan tampil di Jakarta adalah TNI AU, Tirta Dewata Bali, Mars Probolinggo, Yuso Gunadarma, Surabaya Samator, Berlian Jateng, Indomaret Sidoarjo dan Mabes TNI. Indomaret dan Mabes merupakan juara dan runner up Livoli Divisi I tahun lalu. Mereka menggantikan JML Kota Tangerang dan Bank Sumut, yang harus turun kasta ke Livoli Divisi I.

TNI AU merupakan juara bertahan. Di final tahun lalu, mereka mengalahkan Tirta Dewata. Gelar itu merupakan yang perdana bagi TNI AU. Di bagian putri, tim-tim yang akan ambil bagian, adalah Surabaya Bank Jatim, Petrokimia Gresik, Popsivo Polwan Jakarta, Bandung Alko, Badak LNG Bontang, Mabes TNI, PLN, dan Wahana Express Bandung. Dua tim yang terlempar dari persaingan Divisi Utama adalah Yuso Gunadarma dan TNI AU, posisi mereka digantikan PLN dan Wahana.

Selain Divisi Utama, Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) juga akan menggelar Livoli Divisi I. Event kali ini akan digelar di Buleleng, Bali 27 Oktober hingga 3 November. Kompetisi akan digelar di GOR Bhuana Patra. Hingga saat ini, sudah lebih dari 15 tim yang akan bertanding. Penutupan pendaftaran akan dilaksanakan satu pekan menjelang kejuaraan digelar. Tim putra yang sudah memastikan diri untuk berlaga di Buleleng, adalah TNI AL, Asabri (DKI Jakarta), SBC, PDAM Sidoarjo (Jatim), Ganefo (DIY), Jeep (Bali), TGA (Jambi), Asmat (Papua), Bank Jateng, BNI 46 (Jateng), Double N (Kalbar), dan Arfak (Papua Barat). Tim putri yang akan bertanding, adalah TNI AU, TNI AL, Popgard (DKI), Tectona, Bahana (Jabar), Ganefo (DIY), dan Jeep (Bali).

Sementara itu Vice President Hubungan Antar Lembaga PGN Santiaji Gunawan mengatakan, pihaknya senang bisa menjadi bagian dari pembinaan bola voli nasional. "Kami gembira bisa memberi dukungan PGN Livoli Divisi Utama. Kami berharap kerja sama ini terus terbina pada masa-masa mendatang," kata Santiaji.

Livoli kali ini memperebutkan piala bergilir dan piala tetap. Livoli Divisi Utama memperebutkan hadiah Rp 193 juta. Perinciannya, juara I putra dan putri Rp 35 juta, juara II Rp 25 juta, juara III Rp 20 juta, dan juara IV Rp 15 juta. Pemain terbaik/most valuable player (MVP) mendapatkan Rp. 1,5 juta. Livoli Divisi I berhadiah Rp 100 juta. Perinciannya, juara I putra dan putri Rp 20 juta, juara II Rp 12,5 juta, juara III Rp 10 juta, dan juara IV Rp 7,5 juta. "Juara I dan II putra dan putri berhak promosi ke Divisi Utama 2014," tandas Hanny. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...