Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Dede liu Melejit, Dreev Meminpin di IOCC

Senin, 14 Oktober 2013

Share this history on :
SAMPAI babak kelima ajang Internastional Open Chess Championship (IOCC) 2013, Minggu (13/10/2013) yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya. Hanya seorang pecatur Indonesia yang mampu meriah poin tertinggi 3,5 yakni IM Dede Liu. Hasil ini didapat usai Dede menumbangkan raja GM Rustam Khusnutdinov.
Sedangkan tiga pecatur Indonesia lainnya baru mengumpulkan 3 poin. Mereka adalah GM Susanto Megaranto setelah dibabak kelima berhasil menahan remis IM Munkhgal Gombosuren (Mongolia). Dua pecatur lainnya FM Anjas Novita gagal meraih pion di babak kelima setelah dikalahkan GM Barbosa Oliver (Argentuna). Satu pecatur lainnya adalah IM Tirta Chandra Purnama gagal mengatasi pecatur Argentina GM Mareco Sandro. Kekalahan Tirta akibat krisis waktu, padahal posisinya sedikit menguntungkan.
“Moreco memang menekan saya, sebab dia pegang buah putih. Akibatnya saya banyak berpikir disetiap langkah. Namun perlahan tapi pasti saya dapat menyeimbangkan permainan. Bahkan posisi lebih menguntungkan. Namun akibat krisis waktu lah akhirnya saya kalah,” kata Tirta kepada olahraga online.com.
Memang sangat tragis, kata Tirta padahal permainan saya mulai berkembang dan balik menekan Moreco.”Sayang di setiap langkah saya terlampau banyak berpikir sehingga menghabiskan waktu. Ini pelajaran bagi saya, bagaimana seharusnya bermain taktis untuk berhadapan dengan GM berkelas,” tandas Tirta.
Hasil yang kurang menguntungkan juga diraih WGM Medina Warda Aulia yang ditahan remis GM Bitoon Richard. Begitu juga dengan WGM Irene Kharisma Sukandar hanya mampu bermain remis melawan FM Le Tuan Minh.Sementara itu hingga kini GM Aleksey Dreev memimpin sendiri dengan koleksi 4,5 poin. Setelah di babak kelima pecatur asal Rusia itu mengalahkan pemimpin klasemen babak keempat pecatur Serbia GM Ivan Avanisevic.
Hasil drawaing di babak keenam akan mempertemukan Aleksey akan ditantang pecatur unggulan pertama asal Ukraina GM Alexander Moiseenko. Partai ini sangat ditunggu pengemar catur di tanah air. Sebab partai ini syarat dengan gengsi sesama pecatur unggulan. Dreev unggulan ketiga sedangkan Moiseenko selaku unggulan utama. Perjalanan masih panjang masih ada enam babak lagi, diperkirakan kedua pecatur ini cukup main safety artinya akan bermain remis. Namun kedua pecatur ini akan bersikap professional artinya saling baku bunuh. Sangat disayangkan untuk dilewatkan, dont missit. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...