Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Calonkan Diri Jadi Ketua FIDE, Garry Minta Dukungan Indonesia

Jumat, 15 November 2013

Share this history on :
GM Garry Kasparov salah satu legendaries catur dunia minta dukungan Indonesia untuk menjadi calon Presiden FIDE (Organisasi Catur Internasional). Kasparov menilai, Indonesia salah satu negara di Asia yang sangat potensial. Bukan hanya Indonesia beberapa Negara Asia lainnya disambangi oleh musuh abadi GM Anatoly Karvop itu, guna mencari dukungan tersebut.
“Kedatangan saya ke Indonesia guna mencari dukungan untuk menjadi calon Presiden FIDE pada Kongres FIDE, Agustus 2014 mendatang. Olahraga asah otak di di Indonesia cukup pesat jadi wajar saya minta dukungan,”kata juara dunia 1985 hingga 2000 itu di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Bekasi, Jabar, Kamis, (14/11).
Dalam kesempatan itu Garry Kasparov disambut Wakil Ketua Umum PB.Percasi GM Utut Adianto itu mengatakan jika terpilih menjadi Presiden FIDE, dirinya akan menjadikan organisasi catur dunia itu lebih modern sehingga mampu menarik sponsor.
Garry Kasparov adalah salah satu pecatur yang mempunyai visi dan misi modern tak terpaku hanya untuk bermain catur. Tapi bagaimana seorang pecatur bisa menikmati hasil dari jerih payahnya untuk jaminan masa depan atlet catur. Gebrakan Garry memang luar biasa, masih ingat saat ia mendirikan Asosiasi Catur Profesional (PCA) yang sempat mengguncang FIDE. Inti pendirian PAC seperti dikatakan Garry adalah menjadikan catur lebih profesional dan berdaya jual tinggi.
”Catur Bukan hanya semata-mata olahraga namun bagimana organisasi ini dapat menjadi sebuah industry. Inilah yang mendorong saya untuk menjadi calon Presiden FIDE dan mudah-mudahan tercapai,”katanya. Ia juga akan menjadikan catur bisa masuk sekolah-sekolah karena catur identik dengan pendidikan. Jumat, (15/11) besok, Garry akan dijamu Mendikbud Muhammad Nuh. Pertemuan dengan Mendikbud itu salah satu yang dibicarakan adalah masalah catur masuk sekolah.
”Jika catur masuk sekolah, saya yakin banyak pecatur hebat lahir,”tambah Garry yang sejak 2005 lalu mendirikan Yayasan Garry Kasparov ini. Garry juga besok dijadwalkan akan bertemu Menpora Roy Suryo di kantor Kemenpora. Pertemuan dengan Menpora, pada intinya sama yakni ingin mengembangkan catur di tingkat sekolah. Garry Kasparov berjanji suatu saat akan kembali ke Indonesia untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak usia dini. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...