Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

80 Pebulutangkis Usia Dini Ikuti Grand Final Sidu Cup 2014

Rabu, 16 April 2014

Share this history on :
PERHELETAN Turnamen Sidu (Sinar Dunia) Cup 2014, ajang bulutangkis untuk pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, kini memasuki tahap grand final. Delapan puluh juara dari sepuluh kota dalam Sidu cup 2013 series akan berlaga memperebutkan Piala Gita Wirjawan di GOR Asia Afrika Jakarta, 16-17 April.
Event ini mulai iselenggarakan pada 2010 lalu, Sidu Cup terus menunjukkan peningkatan minat dari para pelajar. Dari hanya satu kota penyelenggaraannya menjadi sembilan kota pada 2012, dan 10 kota tahun 2013. Tak hanya itu jumlah pesertanya pun bertambah, dari 650 siswa pada tahun 2010, menjadi 9500 pada tahun 2013.
Dari 9500 itu terjaring 80 juara dari 10 kota. Mereka akan berlaga memperebutkan piala Gita Wirjawan pada babak grand final, di Jakarta. Para pelajar SD dan SMP tersebut akan dibagi dalam empat kelompok umur, yakni Kelas 1-2 SD, kelas 3-4 SD, kelas 5-6 SD dan SMP putra putri. ‎
“Saat ini tinggal 80 anak terbaik ditengah-tengah 9500 siswa yang ikut dalam pertandingan Sidu Cup series tahun kemarin. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri, tak hanya orang tua, pelatih tapi kita semua," ujar Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan kepada wartawan di Senayan National Golf Club, Selasa (15/4/2014).
Event besar ini yang melibatkan siswa sekolah dasar diharapkan lahir bintang bulu tangkis di masa mendatang. Sebab semakin belia usia bibit muda didapat, akan semakin gampang untuk mengarahkan.
Hal yang sama terucap dari bibir Menpora Roy Suryo. Selain mengapresiasi ia juga menyoroti pentingnya meningkatkan prestasi bulutangkis Indonesia melalui penyelenggaraan kejuaraan bulutangkis usia sekolah.
"Saya sangat mengapresiasi kepada Sidu Cup yang telah membantu mengembangkan bibit-bibit muda berkualitas. Semoga turnamen ini bisa kontinyu sampai masa-masa mendatang," kata Roy.
Dalam kejuaraan yang memperebutkan hadiah total Rp1 miliar itu, rencananya akan dilaksanakan pertandingan eksebisi pemain pelatnas. Menampilkan juara dunia dan juara All England Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir versus pimpinan APP dan Sinar Mas. Turut hadir dalam acara tersebut, Managing Director Sinar Mas G. SUlistiyanto, Direktur Asia Pulp and Paper Suhendra Wiriadinata, dan Direktur Pemasaran PT Cakrawala Megah Indah Lina Lim. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...