Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

ATM Raih Sukses Ganda

Minggu, 18 Mei 2014

Share this history on :
ATLETICO Madrid (ATM) juara Liga Spanyol 2014 setelah sukses menahan imbang Barcelona dengan skor 1-1. Bertindak sebagai tuan rumah Barca unggul lebih dulu lewat gol indah Alexis Sanchez. Namun di babak kedua ATM membalas melalui tandukan Diego Godin untuk membatalkan ambisi Barca mempersembahkan gelar untuk Tito Vilanova. Inilah gelar pertama ATM sejak musim 1995-1996, sedang Barca harus puas finish di peringkat dua.
Bagi ATM hasil seri sudah memastikan gelar Juara, sebab kedua tim berjarak poin tiga. ATM nilai akhir 90 sedangkan Barca 87. Babak pertama tuan rumah seakan berpesta sebab, sudah unggul terlebih dahulu. Namun pasukan Diego Simone di babak kedua membuat kejutan dengan membalasnya melalui Diego Gordin.
Bukan hanya berhasil meraih gelar, ATM masih bersuka cita dengan dinobatkannya penjaga gawang mereka Thibaut Courtois dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik. Atas prestasi ini, Courtois mendapatkan trofi Zamora yang merupakan penghargaan bagi kiper tertangguh di kompetisi La Liga.
Catatan Courtois sangat mengesankan. Ia hanya kemasukan 24 gol dari 37 pertandingan di musim ini. Jika dirata-rata, maka muncul angka 0,66 gol per laga.
Courtois mengalahkan rival beratnya Gorka Iraizoz. Penjaga gawang Athletic Bilbao tersebut kalah cling, sebab Iraizoz kemasukan 32 gol dari 33 pertandingan, dengan rasio 0,97 gol per laga.
Angka tersebut masih bisa berubah kala Bilbao menghadapi Almeria, malam ini, namun tak bakal bisa menyamai raihan Courtois.
Pesaing lainnya, Diego Lopez. Penjaga gawang Real Madrid ini kemasukan 36 gol dari 36 pertandingan. Lopez dan Iraizoz memang sejak awal kompetisi sudah menunjukkan kegemilangannya menjaga gawang. Tapi akhirnya hanya ada satu yang terbaik dan itu bukan mereka, melainkan Courtois.
Kehadiran Courtois juga terbukti makin memperkuat lini pertahanan Atletico. Secara statistik di musim ini, juara La Liga itu hanya kemasukan 26 gol.
Sementara Barcelona kemasukan 33 gol sedangkan Real Madrid kebobolan 38 gol. Dengan hasil ini, Atletico juga mengukir prestasi sebagai tim yang memiliki pertahanan terbaik di sepanjang La Liga musim ini.
Bagi Barca musim ini adalah paceklik gelar di bawah pelatih Gerardo Martino asal Argentina. Gagal meraih Copa del Rey, gagal juga di Piala Eropa Champoin serta gagal menjuarai Liga Spanyol musim 2013-2014. Nasib Martino terancam didepak dari klub asal Catalan itu. (Raf)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...