Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Benamkan Italia, Kosta Rika Lolos ke 16 Besar

Sabtu, 21 Juni 2014

Share this history on :
Italia terancam gagal ke babak 16 besar. Itu terjadi setelah Italia dihantam tim underdog Kosta Rika 0-1 pada laga penyisihan kedua Grup D di Arena Pernambucano, Recife, Sabtu (21/6) dinihari WIB. Dengan hasil ini, Kosta Rika melenggang ke babak 16 besar dan berstatus pemuncak klasemen sementara dengan nilai maksimal 6, setelah pada laga pertama, Bryan Ruiz dkk menghabisi Uruguay 3-1. Sukses Kosta Rika atas Italia ini juga memastikan tertutupnya peluang Inggris ke babak kedua. Inggris yang mengalami dua kali kalah dari Italia dan Uruguay dengan skor sama 2-1. Satu tim lagi yang akan mendampingi Kosta Rika ke babak knock out akan ditentukan pada penyisihan akhir antara Italia vs Uruguay, 24 Juni mendatang, sementara laga lainnya antara Kosta Rika dan Inggris sudah tidak menentukan apapun.
Kendati kalah dalam kualitas pemain, Kosta Rika tak sedikitpun gentar menghadapi nama-nama besar yang dimiliki Italia. Kosta Rika bahkan berani menggebrak lebih dulu pertahanan Italia di menit 6 lewat sepakan Yeltsin Tejeda. Semenit berselang Kosta Rika kembali menciptakan peluang lewat tandukan Celso Borges memanfaatkan umpan sepak pojok Christian Bolanos. Sayang tandukannya masih tipis di atas mistar gawang Gianluigi Buffon.
Dua puluh menit babak pertama, baik Italia dan Kosta Rika berbagi persentase penguasaan bola seimbang. Tak ada yang mendominasi, kedua tim yang lebih sering berduel di lini tengah lapangan berbagi persentase 50 banding 50 Kosta Rika yang tampil disiplin secara konsiten mampu menjaga permainannya. Hal ini cukup membuat Italia kesulitan untuk membongkar pertahanan raat Kosta Rika.
Menit 31, umpan cantik Andrea Pirlo dari tengah lapangan berhasil diterima dengan baik oleh Mario Balotelli. Lepas dari jebakan offside, Balotelli langsung berhadapan dengan kiper Keylor Navas. Sayang, bola lob Balotelli justru tak mampu masuk ke gawang, bola malah menyamping di sisi kanan.
Kosta Rika balas menekan di menit 36, kali ini lewat tendangan dari luar kotak penalti gelandang Christian Bolanos. Bolanos mendapatkan ruang tembak setelah mendapat umpan dari Michael Umana, sayang bola masih mampu dipatahkan Gianluigi Buffon.
Memasuki empat puluh menit babak pertama, Kosta Rika melakukan serangan bertubi ke jantung pertahanan Italia. Sepak pojok Christian Bolanos mampu ditinju Buffon. Sesaat kemudian, lewat umpan terukur Celso Borges berhasil ditanduk Bryan Ruiz. Sayang bola masih melambung di atas mistar gawang.
Joel Campbell sebenarnya sempat dijatuhkan Giorgio Chiellini di area terlarang, namun wasit tak menggap hal tersebut sebagai pelanggaran. Kejutan akhirnya terjadi di menit 44, tandukan Bryan Ruiz memanfaatkan umpan silang Junior Diaz mampu merobek gawang Gianluigi Buffon. Kosta Rika memimpin 1-0. Gol Bryan Ruiz menutup babak pertama dengan keunggulan bagi Kosta Rika.
Tertinggal satu gol di babak pertama, pelatih Italia Cesare Prandelli memasukan penyerang Antonio Cassano menggantikan Thiago Motta di awal babak kedua. hal ini berguna untuk menambah daya dobrak Gli Azzurri yang harus mengejar ketinggalan.
Tensi pertandingan menigkat di babak kedua, Italia yang bermain agak lambat di babak pertama meningkatan tempo permainannya. Menit 53, giliran sepakan Andrea Pirlo yang masih mampu diamankan Keylor Navas. Prandelli kembali memasukan pemain bernaluri menyerang lainnya di menit 57. Kali ini penyerang muda Lorenzo Insigne masuk menggantikan Antonio Candreva.
Kosta Rika kemudian balas menekan semenit berselang, lewat serangan balik cepat penetrasi Celso Borges diakhiri dengan sebuah tembakan jarak jauh. Namun bola masih bisa diantisipasi Gianluigi Buffon. Buffon juga harus keluar sarangnya untuk memotong bola terobosan dari Christian Bolanos di menit 58.
Tak kunjung bisa mencetak gol penyeimbang, Prandelli kembali memasukan pemain bernaluri menyerang. Alessio Cerci dimasukan untuk menggantikan peran Claudio Marchisio di menit 69.
Memasuki menit 80, Italia yang sudah memasukan tiga pemain dengan karakter menyerang, belum juga bisa memecah kebuntuan. Kota Rika yang memiliki pertahanan solid begitu merepotkan para pemain Italia untuk bisa menembus ke sentral pertahanan..
Hingga pertandingan usai, Italia tetap tak mampu membobol gawang Kosta Rika dan harus menyerah dengan skor tipis 1-0. Hasil ini memastikan Kosta Rika meraih sati tiket ke babak 16 besar menyusul Belanda dan Kolombia. Kosta Rika juga berasil memuncaki klasemen Grup D dengan raihan 6 poin.
Sementara bagi Italia, kekalahan ini memaksa pasukan Cesare Prandelli untuk menunda mimpinya lolos ke babak 16 besar. Italia kini berada di posisi ketiga klasemen Grup D dengan raihan 3 poin kalah selisih gol dari Uruguay di posisi kedua. Italia harus melakoni laga hidup mati kontra Uruguay [ada tanggal 24 Juni 2014 mendatang, untuk meraih satu tiket 16 besar tersisa di Grup D. (Raf).


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...