Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Fully Dukung Aero Aswar Raih Gelar Juara Dunia

Rabu, 25 Juni 2014

Share this history on :
USAI menjuarai Kejuaraan Nasional Tour Amerika Serikat baru-baru ini. Kini Aero Aswar membidik gelar juara dunia. Aero yang kaya pengalaman malang melintang di kejuaraan jetski internasional sejak usia 5 tahun. Kini dalam usia 19 tahun, Aero punya potensi menjadi juara dunia 2014.
Aero berlomba di AS sejak 2008 sambil melanjutkan sekolah sekaligus menempa diri dalam kompetisi jetski negeri itu yang masuk katagori paling kompetitif di dunia. Ia memutuskan fokus mengikuti kompetisi bergengsi tersebut setelah puas berkiprah di berbagai ajang kejuaraan jet ski di seluruh regional. Ia butuh ajang yang lebih kompetitif agar bisa meraih gelar juara dunia sebagaimana ia programkan bersama Fully Aswar, ayah sekaligus pelatihnya.
“AS memang tujuan utama atlet jetski untuk menempa diri dan meraih predikat tertinggi di dunia. Banyak pejetski luar yang berlomba di sana. Sistem penjenjangan dan format kompetisinya sangat sistematis dan terdiri dari banyak kelas. Alhamdulillah, saya kini berada di kelas pro runabout open, kelas tertinggi,” papar Aero kepada wartawan di Jakarta, Senin (23/6/2014) menjelang keberangkatannya kembali ke AS untuk melanjutkan kompetisi.
Tahun ini Aero sukses mencapai posisi atlet elit dunia dengan status atlet tim pabrikan, dalam hal ini Yamaha. Kelas lomba yang ia ikuti merupakan ajang tertinggi di kejuaraan jetski yaitu Pro Runabout Open, seperti F1 pada balap single seater atau MotoGP di balap motor.
Statusnya sama dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sebagai atlet yang dikontrak Yamaha. Hanya cabang olahraganya yang berbeda, namun dengan tugas yang sama, yakni bertarung jadi terbaik di level dunia. Meski dikontrak Yamaha, Aero mengusung bendera Tim Jetski Indonesia di mana juga ikut bergabung Aqsa Aswar, adik kandung Aero.
Aqsa pun menggeluti jetski dan bertanding regular di National Tour Amerika namun di kelas yang berbeda dengan Aero. Ia berada di kelas Pro Runabout Limited yang tak kalah prestisius. “Tingkatannya satu kelas di bawah Open yang diikuti Aero. Kalau di balap Formula 1 seperti GP2 atau Moto2 di grand prix motor. Cita-cita saya tentu mengikuti jejak Aero dan alangkah menariknya jika nanti dua bersaudara dari Indonesia bisa bertarung di kejuaraan dunia di kelas yang sama. Dan, lebih membanggakan lagi kalau mereka menjadi juara dunia,” tandasnya.
Aero sendiri mengaku sudah siap fisik, mental, maupun skill untuk beradu kencang di kejuaraan dunia. Saat ini, misalnya, ia memimpin klasemen sementara National Tour Amerika setelah juara pada seri perdana dan 5 besar di seri kedua. Masih tersisa lima seri lomba berikutnya di kota Nevada, Georgia, dan Virginia.
Target Aero adalah mempertahankan posisi puncak di klasemen akhir. Aero sendiri sebagai pejetski pro dunia memang sudah otomatis berhak ikutan World Final sebagai wakil Indonesia, bertarung melawan pejetski dari berbagai negara lainnya di Lake Havasu City, Arizona, AS, 4-12 Oktober. Setelah itu Aero akan ikut serta pada Asian Beach Games (ABG) ke-4 di Pattaya, Thailand, 14-24 November sekaligus mempertahankan medali emas yang ia raih pada tahun 2010.
“Memang multi talenta dan sesuai perkembangan ia pun lantas memutuskan fokus di jetski. Apalagi sekarang ditopang pabrikan dan juga disponsori BNI sehingga Aero maupun Aqsa harus bersikap dan bertindak sebagaimana harusnya atlet profesional,” papar sang ayahanda tercinta Fully Aswar.
“Saya bersyukur mereka sudah sampai pada kondisi saat ini. Sangat realistis kalau Tim Jetski Indonesia kini membidik gelar juara dunia, tentunya tetap dengan cara kerja keras seperti selama ini. Mereka putra Indonesia meski berkiprah di AS saat menang Indonesia Raya yang berkumandang, dan itulah momen paling mengharukan sekaligus kebanggaan,” papar Fully.
Hal senada disampaikan Dewi selaku Wakil Corporate Secretary Head PT Bank Negara Indonesia Tbk yang juga hadir menyemangati Aero dan Aqsa. Sebagai perusahaan nasional, katanya, sebuah kebanggaan bagi BNI ikut berpartisipasi mendukung anak bangsa yang punya potensi prestasi dunia. Semakin Indonesia dikenal dunia akan semakin banyak hal positif yang dipetik. Olahraga adalah salah satu jalurnya.
“Jetski adalah olahraga yang sangat potensial dikembangkan di negeri maritim seperti Indonesia sekaligus mengembangkan wisata bahari. Semoga Aero dan Aqsa bisa menembus gelar juara dunia dan raih prestasi maksimal di tahun 2014. Dari situ pasti akan timbul motivasi lebih besar dari komunitas jetski tanah air dan akan lahir Aero-Aero dan Aqsa-Aqsa berikutnya,” tegas Dewi. (Jordan)




Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...