Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Raja Pane:Fasilitas GBK akan Direnovasi

Jumat, 03 Oktober 2014

Share this history on :
INDONESIA sudah diputuskan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Jakarta adalah salah satu tempat sentral pelaksanaan pesta olahraga negara-negara Asia tersebut. Untuk menyambut gelaran bergengsi itu, kompleks Gelora Bung Karno akan segera direnovasi, terutama venue-venue yang akan digunakan agar berstandar internasional.
“Kita ingin Indonesia menjadi tuan rumah yang terbaik, sehingga semua fasiltas yang ada diperbaiki. Supaya Asian Games nanti akan lebih baik dari Incheon,” kata Raja Parlindungan Pane, usai dilantik sebagai Direktur Pembangunan dan Pengembangan Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno di Jakarta, Kamis (2/10).
Raja menambahkan sesuai dengan arahan Kementerian Sekretariat Negara selaku lembaga yang mengepalai PPKGBK, kawasan olahraga itu akan segera diperbaiki sesuai dengan standar internasional. Hal itu dilakukan lantaran persiapan dan pengecekan venue akan dilakukan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada 2016 sebelum Asian Games digelar dua tahun setelah itu.
“Keputusan ini adalah komitmen bersama, dan Gelora Bung Karno ini harus diperbaiki strukturnya. Namun, fungsi olahraga dan bisnis harus beriringan karena GBK dikelola tak hanya dari negara,” katanya.
Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Taufik Sukasah mengatakan perbaikan Gelora Bung Karno melalui penggantian pimpinan bidang pengembangan adalah untuk mengembalikan hakikat kawasan itu sebagai kawasan olahraga. Selama ini GBK menjadi sarana olahraga, padahal ada banyak yang perlu diperbaiki termasuk venue yang harus memenuhi standar internasional, seperti kolam renang atau basket,” katanya.
Ia menambahkan akan bersinergi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait alokasi dana untuk persiapan tersebut. Sebelumnya, Menpora Roy Suryo mengatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno akan menjadi lokasi upacara pembukaan Asian Games 2018 karena OCA tak menyarankan “venue” baru, maka kawasan olahraga itu akan direnovasi.
Sudah diputuskan bahwa upacara penutupannya sendiri akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang, sedangkan Jawa Barat akan menjadi penyelenggara yang mendukung dua kota itu. “Ini untuk menghindari kejadian di Incheon di mana wali kota sebelumnya sangat mendukung acara Asian Games, tapi wali kota yang saat ini menjabat tidak begitu mendukung acara ini sehingga banyak venue yang terbengkalai. Makanya OCA sudah wanti-wanti agar Indonesia tidak membangun venue baru,” ujarnya. “Oleh karena itu pula GBK akan direnovasi dan dipastikan sudah selesai pada 2016,”katanya. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...