Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kemenpora Minta KOI Segera Tentukan Cabor AG 2018

Kamis, 04 Desember 2014

Share this history on :
PELAKSANAAN AG 2018 memang masih kurang lebih tiga tahun lagi namun Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berharap Komite Olimpiade Indonesia (KOI) segera menetapkan cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games (AG) 2018 di Indonesia karena akan dimasukkan dalam Keputusan Presiden (Keppres).

Hal itu ditegaskan Deputi V Bidang Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto pada acara seminar “Evaluasi Prima dan Standarisasi Prestasi Sebagai Pondasi Sukses Asian Games 2018 di Jakarta, Rabu (3/12/2014). Ia mengatakan, sesuai dengan rencana Keppres tentang Asian Games 2018 akan ditandatangani Presiden Joko Widodo akhir Desember.
“Minggu ini kita akan melakukan pertemuan dengan Menko Pembanguanan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani untuk membahas hal ini (Keppres),” kata Gatot S. Dewa Broto. Indonesia ditunjuk oleh federasi olahraga Asia atau OCA setelah Vietnam yang memenangkan bidding tuan rumah mengundurkan diri. Dalam waktu tiga tahun, Indonesia dituntut bergerak cepat untuk mempersiapkan diri.

Selain menetapkan cabang olahraga, pihaknya juga akan memantau langsung kesiapan kota yang ditunjuk menjadi tuan rumah yaitu Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat. “Hingga saat ini belum ada laporan dari masing-masing Pemda terkait dengan persiapan untuk menjadi tuan rumah. Makanya kami akan terus melakukan koordinasi,” jelasnya.

Gatot menambahkan, salah satu laporan yang ditunggu-tunggu adalah terkait dengan pemetaan infrastruktur untuk lokasi pertandingan maupun pendukung lainnya. Sementara itu, Ketua KOI Rita Subowo menjelasakan pihaknya terus berupaya menentukan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 di luar dari 28 cabang olimpiade. Penentuannya menggunakan formula yang telah ditetapkan.

“Selain Olimpiade ada delapan cabang nonolimpiade, lima di antaranya dari region Asia. Untuk Asia diputuskan wushu, sedangkan Asia Tenggara sepak takraw. Saat ini tinggal memutuskan usulan dari Indonesia sebagai tuan rumah,” terangnya.

Usulan Indonesia saat ini masih digodok, salah satunya pencak silat. Slot ini akan menggunakan hak yang dimiliki OCA. Selain itu ada lagi slot yang akan ditentukan berdasarkan ranking. Selain pencak silat, ada tujuh cabang olahraga lainnya yang diperjuangkan masuk Asian Games 2018, seperti panjat tebing, boling, sepatu roda, bridge, dan traditional boat race. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...