Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Irene Tumbangkan Pecatur Kawakan, Rogelio

Jumat, 17 April 2015

Share this history on :
KEJUTAN kembali mewarnai ajang JAPFA Grandmaster Tournament 2015 yang helat di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (16/4/2015) hingga larut malam. Hal itu terjadi di babak ketiga hari kedua saat GMW Irine Kharisma Sukandar sukses menumbangkan raja pecatur GM Antonio Rogelio, Jr pada langkah ke-48.

Irine memaksa pecatur kawakan asal Filipina itu, menyerah setelah dua pion bebas di sayap kanan, tanpa bisa diganggu gugat oleh perwira Rogelio yang siap menjadi promosi. Meski menang, Irine masih terpaku di jajaran anak tangga menengah dari 12 pecatur dengan kemasan 1,1/2 poin.

"Kemenangan ini sangat luar biasa. Sebab dapat mengalahkan pecatur senior yang bergelar Grand Master. Selama ini, di empat pertandingan yang kami lakoni semua berakhir dengan remis. Saya awalnya, tidak menduga bisa memenangkan pertandingan. Tapi, setelah beberapa langkah kemudian, ketika dia melakukan blunder, saya pun bermain taktis," ujar Irine Kharisma kepada wartawan, usai pertandingan.

Adik kandung pecatur FM Kaisar Jenius Hakiki ini menambahkan, di 11 babak turnamen yang dimainkan, dirinya harus hati-hati. Sebab, bila tidak hati-hati akan keteteran. Sebab, menurut Irine, di event ini beda dengan event biasanya. "Buktinya, di pertandingan pertama saya sempat kalah dari GM Nguyen Anh Dung. Beruntung di babak kedua saya bermain remis melawan IM Sophie Millet. Dan, terakhir saya mengalahkan Antonio Rogelio," terang Irine.

Di partai lainnya pecatur wanita andalan Indonesia WGM Medina Warda Aulia berhasil masuk ke peringkat kedua dengan mengemas 2 poin usai menahan pemimpin klasemen sementara GM Nguyen Anh Dung di langkah ke-33. Sementara peringkat ketiga didukuki IM Sean Winshand Cuhendi usai bermain imbang melawan Muhammad Lufti Ali. Mereka sepakat menyatakan remis di langkah ke-40.

Di pertandingan lainnya, IM Tirta Chandra Purnama hanya mampu bermain imbang melawan IM Sophie Millet. hasilnya yang sama juga dibukukan IM Farid Firmansyah setelah dengan gemilang menahan remis unggulan utama GM Sergey Tiviakov. Hasil memuaskan diraih pecatur India GM Gopal GN usai mengalahkan IM L'Ami Alina di langkah ke-40.

Hingga babak ketiga yang telah dimainkan pecatur asal Vietnam Nguyen Anh Dung meminpin sendirian dengan 2,5 poin, hasil dari dua kemenangan dan sekali remis. Menyusul kemudian dua pecatur Indonesia yakni Medina dan Sean dengan 2 poin, hasil dari satu kemenangan dan dua kali remis. (Jordan)




Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...