Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Singkirkan Madrid, Juve Tantang Barca

Kamis, 14 Mei 2015

Share this history on :
JUVENTUS klub asal Italia berhasil melaju ke final usai menahan imbang Real Madrid 1-1 di leg kedua semifinal Liga Champions yang dihelat di Santiago Bernabeu, Kamis (14/5/2015) dinihari WIB. Dengan demikian Juve unggul agregat 3-2, sebelumnya di leg pertama di Turin, Italia, Juara Liga Italia musim 2014-2015 ini mengalahkan Real 2-1.
Real yang berstatus juara bertahan gagal mencipatkan final sesame klub Spanyol. Sedangkan bagi Juve kemenangan ini, meneruskan tradisi mereka yang kerap menyingkirkan juara bertahan Piala/Liga Champions. Real Madrid adalah "korban" terakhir 'Si Nyonya Besar'.

Tuan rumah unggul duluan melalui gol penalti Cristiano Ronaldo di babak pertama. Juve membalasnya lewat Alvaro Morata di babak kedua. Juve yang menang 2-1 di leg pertama lolos dengan agregat total 3-2 untuk menantang Barcelona di final 6 Juni mendatang.

Keberhasilan Juve menyingkirkan Madrid ini boleh dikatakan bukanlah sebuah kejutan mengingat klub asal Turin itu memang kerap jadi ganjalan bagi tim-tim juara bertahan. Menurut catatan Misterchip, sudah lima kali Juve mengalahkan juara bertahan Piala/Liga Champions di fase gugur atau final.

Kegagalan Madrid ini merupakan ulangan partai 12 tahun silam. Saat itu Real jadi juara bertahan di Liga Champions musim 2002/2003. Dihentikan Juve di semifinal usai kalah agregat total 3-4 dan di final Juve takluk dari AC Milan melalui adu penalti.

Sebelum Madrid, ada juga Ajax Amsterdam yang ditumbangkan Juve di final 1995/1996 lewat adu penalti. Lalu Liverpool, juara Liga Champions 1983/1984, kalah di final semusim setelahnya dengan skor 0-1.

Aston Villa jadi juara bertahan pertama yang jadi korban, setelah klub asal Birmingham itu disingkirkan Bianconeri di perempatfinal musim 1982/1983 dengan agregat total 2-5. Di musim itu Juve melaju ke final sebelum ditaklukkan Hamburg dengan skor 0-1.
Partai final yang akan dimainkan pada 6 Juni mendatang, yang mempertemukan jawara Spanyol lainnya, Barcelona vs Juventus, dipastikan terjadi partai balas dendam. Pasalnya Barca tak ingin menjadi klub kedua Spanyol yang dipermalukan.

Selain misi dendam, barca juga membawa misi lainnya, yakni ingin meraih Treable Winner. Juara LA Liga sudah hampir pasti, sebab dengan dua sisa laga dan unggul empat poin dari pesaing Real Madrid. Sementara di ajang Copa del Ray (Piala Raja) di final Barca ditantang Atletico Bilbao pada dua pecan mendatang. Sedangkan yang terakhir final Liga Champion melawan Juve.

Demikian halnya dengan Juve yang sudah meraih juara liga musim ini. Juve juga berpeluang meraih Treable Winner(TW). Kini Juve memburu piala lainnya yakni Piala Liga. Siapa diantara dua jawara ini yang akan meraih gelar TW. Namun sebelumnya keduanya harus meraih gelar lain di negerinya sebelum melakoni partai puncak Kasta Tertinggi Piala Eropa itu. (Raf)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...