Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

So Nice Pelopor Kejuaraan Catur Cepat

Kamis, 02 Juli 2015

Share this history on :
SEJAK FIDE melakukan revolusi permainan catur pada 1987, dimana memutuskan dan memberlakukan sistem catur cepat, dengan hanya waktu 25 menit. Gebrakan itu disambut para anggotanya termasuk Indonesia.

Percasi sebagai anggota FIDE, bahkan sudah melakukan peringkat (elo rating). Dan menggelar kejuraan tingkat nasional. Namun yang paling konsisten adalah pihak PT So Good Food melalui So Nice. Bahkan mereka sanggup menggelar dua turnamen dalam setahun, selain ada lebel Ramadhan Cup juga ada even Christmas Cup.

Kali ini So Nice akan menggelar Ramadhan Cup untuk kali ketujuh. Menurut Nugroho Sasongko Head of Marketing PT So Good Food, pihaknya tetap berkomitmen untuk ikut membina olahraga catur di Indonesia.Dengan adanya event ini nama catur Indonesia semakin terangkat. “Dengan adanya turnamen ini, maka para pecatur Indonesia dapat menambah jam terbang sekaligus melahirkan bibit pecatur andal,” kata Nugroho Yudi Sasongko kepada wartawan, saat prescom di Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Dalam kesempatan yang sama akil Ketua Umum PB.Percasi, Utut Adianto mengatakan catur cepat merupakan andalan keberhasilan tim catur Indonesia meraih emas di ajang SEA Games 2012 di Myanmar lalu. Meski tidak dipertandingkan di SEA Games Singapura. Namun, pembinaan catur cepat tetap berjalan.

Dengan adanya turnamen catur cepat 25 menit Ramadhan Cup 2015 yang akan berlangsung,4-5 Juli di Gedung Wisma Karsa Senayan, Jakarta. Percasi sangat berterima kasih kepada pihak So Nice, pasalnya dalam ajang ini untuk menjaring pecatur andal.
“Selain di turnamen ini, Percasi juga akan mengadakan Kejurnas untuk seleksi para pecatur guna pembentukan Timnas Catur untuk persiapan menghadapi Olimpiade Catur 2016 di Azerbaijan,” kata Utut Adianto yang juga anggota DPR-RI itu kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/7).

Menurutnya, turnamen ini telah banyak melahirkan para pecatur andal yang kini menjadi tulang punggung tim catur Indonesia. “Seperti halnya Irene Kharisma, sekarang ia sering diundang mengikuti kejuaraan catur di seluruh dunia. Baru-baru ini ia mendapat undangan turnamen di Tiongkok, sekaligus mendapat bayaran,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Sekjen PDIP.

Turnamen catur tahunan ini terbuka untuk pecatur pemula hingga Grand Master (GM), dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp.62 juta lebih. Jumlah hadiah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar Rp.52 juta lebih. Dan akan mempertandingkan enam kategori, rencanya akan dibuka langsung Menpora Imam Nahrawi. (Jordan)
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...