Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Astec Open Kembali Digelar

Selasa, 01 September 2015

Share this history on :
UNTUK ke-11 kalinya Kejuaraan Bulutangkis Astec Open kembali digulirkan. Kompetisi ini diikuti oleh 1.000 lebih peserta dan memperebutkan total hadiah Rp 258 juta. Kompetisi kelompok umur ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2005 dan selalu diramaikan oleh ribuan atlet dari klub-klub bulutangkis di tanah air. Adalah Alan Budikusuma dan Susi Susanti, pasangan emas Olimpiade Barcelona 1992, adalah pendiri dan pemrakarsa kejuaraan bulutangkis Astec Open.

Pasangan Olimpiade itu tergerak untuk menyelenggarakan kejuaraan ini karena didasari niat untuk menyemarakan bulutangkis nasional sekaligus menyediakan perangkat olahraga bulutangkis produksi anak bangsa yang berkualitas dunia dengan merk Astec. Tahun ini, Astec Open menggandeng salah satu perusahaan elektronik Indonesia, GMC, melakukan perubahan yang cukup besar. Tidak hanya euforianya yang diklaim bakal lebih semarak, tapi dari jumlah peserta, hingga total hadiahnya juga meningkat.

Event akan digelar pada 6-12 September 2015 di GOR Asia Afrika‎, Senayan, Astec Open diikuti oleh 91 klub nasional dan 3 negara asing yaitu Thailand, Jepang, India dengan total jumlah atlet sebanyak 1.091 atlet. Angka tersebut merupakan peningkatan karena tahun lalu pesertanya ada di kisaran 900-an orang. Sementara jumlah pertandingan mencapai 1.071 partai.

GMC Astec Open XI 2015 akan mempertandingkan kategori berdasarkan umur: anak-anak, pemula, remaja, dewasa, dan veteran. "Bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga kebanggaan Indonesia begitu banyak prestasi yang sudah diraih. Sebagai mantan pemain yang sudah dibesarkan di bulutangkis, saya dan Alan merasa punya tanggung jawab untuk terus mengembangkan dan mempopulerkan bulutangkis agar prestasi bulutangkis tetap bersinar," kata Susi selaku Pendiri sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Astec Open, di Hotel Blue Sky, Slipi, Selasa (1/9/2015).

"‎Kami berharap untuk kejuaraan yang menginjak tahun ke- 11 dengan keikutsertaan negara luar bisa memberikan kesempatan untuk para atlet menguji kemampuannya. Apalagi Jepang, India, dan Thailand sangat maju ya bulutangkisnya, jadi bagus untuk para atlet-atlet Indonesia juga," tambahnya.

Kesempatan yang sama Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI, Ahmad Budiarto, mengapresiasi keberadaan Astec Open yang sudah masuk satu dasawarsa. ‎"Saya mengapresiasi Astec Open karena sudah lebih dari 10 tahun telah memberikan komitmen tetap berkecimpung di usia muda atau dini. Kami berharap dengan Astec akan muncul generasi-generasi penerus bulutangkis," kata Ahmad Budiarto.

"Mudah‎-mudahan dengan Astec ini prestasi bulutangkis Indonesia tetap terjaga. Termasuk untuk GMC, sebagai sponsor Astec Open bisa terus mendukung kegiatan-kegiatan bulutangkis, dan ini bukan menjadi yang pertama dan terakhir‎, dan hanya Astec Open saja. Tapi turnamen dan kejuaraan bulutangkis lainnya," harapnya. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...