Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

DKI Jakarta Berjaya di Kejurnas Bola Tangan

Jumat, 27 November 2015

Share this history on :
TIM DKI Jakarta berjaya di ajang Kejuaraan Nasional Bola Tangan Indoor yang juga dijadikan ajang kualifikasi PON eksibisi XIX 2015 memperebutkan Piala Menpora, Kaltim tetap berhasil meloloskan tim menuju PON eksibisi XIX 2016. Meskipun belum berhasil menempati posisi juara umum, tim bola tangan indoor Kaltim-putra putri tetap masuk 4 Besar.

PB ABTI telah menetapkan bahwa, untuk melanjutkan ke jenjang PON eksibisi berikutnya dibutuhkan empat tim unggulan yang lolos. Tim putri harus berpuas diri pada posisi runner up usai dikalahkan tim DKI Jakarta 17-27 di partai final atau di hari terakhir, Jumat (27/11/2015) di GOR Segiri. Sedangkan tim putra, menduduki posisi ketiga. Jadi, Kaltim menyumbang satu perak dan satu perunggu. Kepastian DKI Jakarta tampil sebagai juara umum atau memborong dua gelar di nomor putra dan putri karena di partai berikutnya tim putra DKI mengalahkan Jawa Tengah 30-26.

Menurut Ketua Pengprov ABTI Kaltim Suryadi Gunawan, ia tetap bersyukur dan bangga kepada timnya. Sebab, katanya, untuk kelas senior selama ini hanya menempati juara ketiga dan keempat. Ada peningkatan kemampuan, terutama pada tim putri. Pada tim senior Kaltim, pemainnya didominasi tingkat junior yang pernah menjuarai kejurnas junior di Semarang, September lalu. "Ini peningkatan buat tim putri berhasil menjadi runner up. Sebelum-sebelumnya pasti posisi ketiga atau keempat," ungkapnya.

Suryadi tetap optimis pada kejuaraan bola tangan outdoor (beachball), Kaltim bisa merebut medali emas. Kejuaraan bola tangan outdoor akan berlangsung di Balikpapan, mulai 28-29 November yang diikuti 20 atlet putra putri. "Ada tiga emas yang diperebutkan pada kelas beachball nanti. Saya targetkan satu medali emas nanti di sana kita raih," harapnya.

Adapun tiga kelas yang dipertandingkan pada kejuaraan bola tangan outdoor, yakni kelas putra, putri dan campuran. Suryadi memprediksi medali tersebut akan direbut pada dua kelas. "Saya andalkan pada kelas putri dan mix atau campuran," katanya.

Kesempatan sama Wakil Ketua II PB ABTI Andi A Zamzami menjelaskan, kuota untuk maju ke PON eksibisi XIX 2016 sebanyak 32 putra dan 32 putri yang akan terdata. Tetapi, harus melalui beberapa kualifikasi sesuai aturan yang diterapkan. "Mereka harus dilihat secara fisik, tinggi badan, speed (kecepatan), dan agility (kelincahan) juga. Jadi, memang yang dicari sampai empat besar. Dan nanti kita harus masukkan data nama pemain tanggal empat Desember nanti," tuturnya.

Aturan pemain agar dapat memenuhi syarat, tinggi cukup mempengaruhi. Putra harus memiliki tinggi 180 cm, sedangkan putri 170 cm. Selain itu, pemain yang lolos kualifikasi belum tentu dapat bermain di Sea Games 2017 dan Asean Games 2018. Menurut Andi, masih ada seleksi lanjutan yang harus diikuti.

"Jadi kita akan seleksi fisik secara keseluruhan. Untuk SEA Games 2017, kita akan melobi ke Malaysia Handball Federation agar handball ini dipertandingkan. Supaya, ada pengalaman tambahan ketika mengikuti Asian Games 2018. Kita tunggu Maret tahun depan keputusannya," jelas Andi yang akrab disapa Bung Andi. Jordan


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...