Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

LSN Bantu Pembinaan Sepakbola

Minggu, 15 November 2015

Share this history on :
MANTAN pesepak bola tim nasional Robby Darwis sangat yakin, bahwa keberadaan Liga Santri Nusantara yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga membantu proses pembibitan pesepak bola muda Tanah Air.

“Ajang ini merupakan, kompetisi yang sesuai dengan kelompok umur, di tingkat sekolah sepak bola (SSB) dan liga remaja, tiap tahun memang harus ada,” kata Robby Darwis dalam pembukaan delapan besar Liga Santri Nusantara (LSN) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Mantan kapten Persib ini mengatakan bahwa Indonesia memiliki bibit unggul yang lebih banyak secara kuantitas dibandingkan dengan negara-negara lain di ASEAN. “Namun ke depan cukup sulit untuk pembibitan bila minim kompetisi,” kata dia.

Menurut Darwis, untuk menjadi tim dan klub yang berkualitas memang harus dilakukan sejak dari tingkat bawah, tidak langsung dari atas. “Mudah-mudahan LSN dapat memicu liga-liga ke depannya dan bisa ada pembinaan sepak bola pula di pesantren-pesantrennya,” ucap mantan pesepakbola yang pernah membela Persib Bandung tersebut.

Darwis optimistis LSN mampu memberikan kemajuan dalam pembinaan dan pembibitan dunia sepak bola usia dini. “Karena pembibitan dan pembinaan sepak bola menjadi kunci dan modal utama dalam memberikan kemajuan sepak bola Indonesia,” katanya.

Liga Santri Nusantara diikuti oleh 10 provinsi dan 192 pesantren. Perhelatan berikutnya pada 2016 akan melibatkan lebih dari 1.000 pesantren. Babak delapan besar LSN akan dihelat selama dua hari di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, pada 14-15 November 2015.

Delapan pesantren yang lolos adalah Ponpes Alfiah Purwakarta, Ponpes Darul Maarif Indramayu, Ponpes Darunnajah Garut, Ponpes Al-Ikhlas Jakarta, Ponpes Nur Iman Sleman, Ponpes Walisongo Sragen, Ponpes Al-Asyariyah Banten, dan Ponpes Nurul Islam Jember.

Sementara itu Sekretaris Pribadi Menpora Nur Rahman bersama Tim Asistensi Menpora Galih, dan Direktur Lembaga Anti Doping (LADI) Menpora, Syaifuddin Munis membuka Babak Delapan Besar LSN Piala Menpora Sepak Bola U-17. Direktur UPI Sholahuddin bergembira dengan digelarnya LSN di UPI. “Para santri perlu tahu Rektor UPI dulu juga seorang santri di Cipasung. Mudah-mudahan LSN membawa berkah bagi persepakbolaan nasional. Semoga santri juga bisa memberikan sumbangsih bagi bangsa dan negara,” kata Sholahuddin. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...