Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Tono Dipastikan Kembali Pimpin KONI Pusat

Minggu, 29 November 2015

Share this history on :
KETUA Umum KONI Pusat Demisioner Mayjen TNI(Pur) Tono Suratman dipastikan untuk kedua kalinya akan memimpin posisi jabatan Ketua Umum KONI Pusat periode 2015-2019 pada Musyawarah Olahraga Nasional Musornas KONI Pusat yang berlangusng Minggu (29/11) di Hotel Aston, Jayapura.

Sebab, hingga penutupan pendaftaran pada 19 November lalu hanya nama Tono yang masuk ke Tim Penjaringan/Penyaringan. Dengan hanya nam Tono Suratman satu–satunya calon resmi yang terdaftar melalui proses tim penjaringan. Pada masa pembukaan sidang pleno pertama sempat terjadi perdebatan sengit menyangkut pengesahan tata tertib tentang tata cara penjaringan calon Ketua Umum.

Dalam acara itu PB TI (Taekwondo Indonesia) dan KONI Nusa Tenggara Barat mengusulkan agar Musornas sesuai dengan Pasal 6 ayat 3 tata tertib Musornas bahwa Musornas bisa menjaring dan menetapkan lagi calon–calon Ketua Umum. Alasan yang dikemukakan PB TI dan KONI NTB itu cukup mendasar mengingat hanya ada satu calon. Namun keinginan itu dipatahkan floor yang mayoritas pendukung calon incumbent.

“Sungguh sangat disayangkan jika Musornas di Papua ini hanya untuk mengaklamasikan seorang Tono Suratman. Kalau kita evaluasi apa yang sudah dilakukan KONI Pusat selama 4 tahun ini, seharusnya yang bersangkutan instrospeksi apa memang benar masih layak memimpin KONI Pusat,” Kata Umbu S Samapaty yang memang dikenal sangat vokal dalam mengkritisi kinerja KONI Pusat.

Musornas KONI Pusat kali ini tidak dihadiri perwakilan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga. Pemandangan di Musornas KONI kali ini sangat berbeda jika dibandingkan pada tahun 2203, 2007, dan 2011. Lazimnya pada setiap Musornas ada perwakilan Pemerintah memberikan pembekalan kepada peserta Musornas.

Sementara itu Gubernur Papua Lucas Enembe, ketika membuka resmi Musornas KONI Pusat ke-12 ini berharap agar Musornas ini dapat dijadikan sebagai langkah awal persiapan Papua menuju tuan rumah PON-XX tahun 2020. “Dalam kesempatan ini saya berharap agar peserta Musornas yang hadir dari perwakilan cabang dan KONI se–Indonesia dapat membantu dan mendukung Papua menuju PON-XX tahun 2020 ,” ujar Lucas kepada wartawan, Sabtu (28/11).

Sehingga dalam agenda Musornas, Minggu 29/11), hanya membahas sidang Komisi meliputi Bidang Organisasi, Pembinaan Prestasi dan Dana, serta menetapkan secara aklamasi Tono Suratman sebagai Ketua Umum KONI Pusat masa bhakti 2015-2019. (Jordan)

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...