Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kalahkan GM Laylo, Yoseph Raih Norma IM

Rabu, 30 Desember 2015

Share this history on :
UNTUK kali kedua pecatur muda Indonesia Yoseph Theolifus Taher meraih norma kedua International Master (IM). Norma kedua didapat setelah di babak ke-10 turnamen catur JAPFA 3rd ASEAN Chess Championship di SCUA Bekasi, Selasa (29/12).

Usai Yoseph Theolifus Taher mengalahkan pecatur Filipina, GM Laylo Darwin. Sebelumnya, ia meraih norma pertama di turnamen catur di Pakistan. Namun demikian, kemenangan yang diraihnya belum mampu mengangkat posisinya di klasemen sementara berada di peringkat ke-6 dengan mengantongi nilai 5.5 vp.

“Lebih sempurna lagi jika ia meraih kemenangan di babak ke-11 atau paling tidak bermain remis. Memang untuk meraih gelar norma IM penuh. Ia harus mengumpulkan elo rating sekitar 2400 atau 27 babak,” kata Bunawan Wasit International Catur asal Indonesia kepada wartawn usai pertandingan Selasa malam (29/12).

Pencapain hasil Yoseph itu yang saat ini mengantongi elo rating 2229 itu dianggap cukup membanggakan. Di tengah-tengah krisis prestasi para pecatur tuan rumah di turnamen berhadiah 10.000 dollar AS itu, prestasi yang diraih Yoseph Taher ibarat setetes air penyejuk. Seharusnya, ia meraih gelar Fide Master (FM) terlebih dahulu. Namun, gelar itu berhasil dilampauinya.

Posisi puncak masih ditempati IM Garcia Jan Emmanuel dengan mengantongi nilai 6.5 vp. Tambahan nilai ½ vp diraihnya ketika bermain remis dengan pecatur tuan rumah IM Ali Muhammad Lutfi di babak ke-10. Menuyusul berikutnya Nguyen Anh Khoi dan GM Dao Thien Hai yang meraih nilai 6 vp. Anh Khoi di babak ke-10 juga bermain remis dengan pecatur Myanmar, IM Wynn Zaw Htun. Sedangkan Dao mengalahkan pecatur tuan rumah IM Sean Winshand Cuhendi.

Di bagian putri, WGM Nguyen Thi Mai Hung selangkah lagi keluar sebagai juara di turnamen ini. Hingga babak ke-10, Nguyen Thi Mai Hung telah mengumpulkan nilai 8.5 vp setelah ditahan remis dengan pecatur WFM Nur Abidah Shanti. Di babak ke-11 atau terakhir, ia akan berhadapan dengan pecatur WM Azman Hisham Nur Nabila.

Perolehan nilai Nguyen Thi Mai Hung hanya selisih satu poin dari pecatur Filipina, WIM Frayna Janelle Mae yang mengantongi nilai 7.5 vp setelah juga ditahan remis oleh rekan senegaranya, WFM Mendoza Shania Mae. sedangkan Mendoza Shania Mae dengan hasil itu hanya terpaut setengah angka dengan Frayna Janelle Mae. Ia mengantongi nilai 7 vp dan berada di peringkat ketiga.

Sedangkan pecatur tuan rumah WIM Chelsie Monica Sihite dilalui dengan kemenangan atas rekan senegaranya, Fitriyani Amanda Suci. Chelsie Monica Sihite peringkatnya tetap tak beranjak dari urutan ke-4 dengan mengantongi nilai 6 vp. Sudah hamper dipastikan peringkat pertama, kedua dan ketiga diperebutkan pecatur Nguyen, Mendoza dan Frayna. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...