Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kalahkan Sean, Yoseph Bertengger di Posisi Keempat

Jumat, 25 Desember 2015

Share this history on :
PECATUR muda Indonesia Yoseph Theolifus Taher menundukkan rekannya MI Seand Wishand Cuhendi di babak kelima turnamen JAPFA 3rd ASEAN Chess Championship 2015, Kamis (24/12), di SCUA, Bekasi. Hasil itu membuat Yoseph kini bertengger diperingkat keempat dengan nilai 3 MP. Sama dengan peringkat ketiga dan kelima yakni FM Nguyen Anh Khoi (Vietnam) dan Dao Thien Hai (Vietnam).

Sementara peringkat pertama diduduki pecatur asal Malaysia Yeo Li Tian menyusul diperingkat kedua Garcia Jan Emmanuel (Filipina) dengan nilai sama 3,5 MP. Sedangkan pecatur andalan Indonesia GM Susanto Megaranto hingga kini baru memiliki poin 2,5. Hasil dari lima kali pertandingan yang berakhir remis.

Lebih menyakitkan adalah IM Seand Wishand kekalahan dari juniornya Yoseph membuat peringkatnya melorot. Padahal di babak keempat ia sempat berada di posisi tiga besar dengan poin 2,5. Seand mengakui turnamen kali ini tingkat persaingan lebih ketat dan kompetitif.

“Jujur saya tak menduga dikalahkan Yoseph. Walau secara elo rating saya unggul. Tapi tak menjadi sebuah jaminan. Sama halnya saya dengan Mas Santo tiga kali pertemuan di tahun ini. Saya mengalahkan dia dua kali. Hanya sekali bermain remis. Secara peringkat Mas Susanto diatas saya. Tapi bisa saya kalahkan. Ya ini lah permainan catur. Yang hasilnya tidak gampang ditebak,” kata Sean.

Sean menambahkan bahwa ia harus bekerja keras lagi untuk menjuarai turnamen ini. “Perjalanan masih panjang. Masih ada enam babak lagi yang harus diselesaikan. Belum ada satu pun pecatur yang dipastikan juara. Semua pecatur masih memiliki peluang. Sehingga pertarungan semakin ketat, partai demi partai,” tambah Seand.

Sementara untuk kategori putri posisi teratas ditempati pecatur Filipina WFM Mendoza Shania Mae dengan koleksi 4 poin, disusul atlet Vietnam WGM Nguyen Thi Mai Hung (4 poin). Pecatur andalan Indonesia WIM Chelsie Monica Sihite menempati urutan ketiga klasemen sementara dengan torehan 3,5 poin.

Menyusul peringkat selanjutnya pecatur Filipina WIM Frayna Janelle Mae (3,5 poin), WCM Azman Hisham Nur Nabila asal Malaysia (3 poin), WFM Dewi AA Citra (3 poin), WIM Galas Bernadette (3 poin), WFM Azman Hisham Nur Najiha dari Malaysia (2 poin), WIM Hoang Thi Nhu (2 poin) dan WFM Dita Karenza (1,5 poin). Shanti dan Amanda Suci, masing-masing berada di urutan 11 dan 12 dari 12 peserta. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...