Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Kelompok Putra Ketat, Putri Hanya 2 Pecatur Bersaing

Sabtu, 26 Desember 2015

Share this history on :
HINGGA babak ketujuh yang dimainkan di Japfa ASEAN Chess Championship 2015 yang berlangsung di SCUA, Bekasi, Jawa Barat. Para pecatur Indonesia belum mampu mengusai posisi papan atas klasmen, baik di kelompok putra maupun di putri.

Dari empat yang bermain hanya WIM Chelsie Monika Sihite prestasi sementara lebih baik. Ia mampu bertengger diposisi keempat dengan nilai 4,5 poin. Sementara pimpinan klasmen diduduki pecatur Filipina WFM Mendoza Shania Mae. Menyusul pecatur asal Vietnam Nguyen Thi Mai Hung dengan poin sama yakni 6. Sedangkan peringkat ketiga ditempati Frayna Janelle Mae dengan nilai 5.

Posisi ke11 dan ke12 dari 12 pecatur yang tampil justru ditempati pecatur tuan rumah, yakni WFM Nur Abidah Shanti dengan nilai 1. Juru kunci ditemapti Fitriyani Amanda Suci, yang belum meraih poin, itu artinya ia berturut-turut mengalami kekalahan tujuh kali. Sedangkan WFM Citra Dewi Ardhiani Anastasi masih belum beranjak di peringkat ketujuh.

Pucuk pimpinan di putri bisa beralih jika partai kedelapan besok (Minngu) Nguyen Thia Mai Hung berhasil mengalahkan Mendoza Shania Mae. Namun kecil kemungkinan ia memaksakan untuk menang. Pasalnya masih ada sisa tiga partai lagi yang akan dimainkan usai partai hidup-mati ini. Secara teori mereka akan bermain aman, artinya tak memaksakan kemenangan bagi keduanya, cukup bermain remis. Sehingga keduanya masih aman berada di posisi pertama dan kedua dengan nilai sama yakni 6,5 MP.

Sementara di bagian putra pecatur terbaik Indonesia GM Susanto Megaranto yang menjadi andalan, malah melempem seakan tak punya greget bermain. Dari tujuh partai yang dimainkan keselurahan berkahir dengan remis. Sehingga baru mengumpulkan nilai 3,5 MP. Sama halnya dengan pecatur muda Indonesia IM Sean Wishand yang diharapkan mampu membuat kejutan, justru tak mampu berbuat banyak. Ia masih berada di urutan ketujuh dengan nilai 3,5 MP. Kedua pecatur ini hanya mampu bermain remis terhadap lawan-lawanya.

Sedangkan Yoseph masih punya harapan menjuarai turnamen ini. Hasil remis melawan seniornya GM Susanto membuat ia menggoleksi nilai 4 MP dan mampu menduduki posisi kelima. Ada empat pecatur yang memiliki poin sama dengan Yoseph, yakni FM Yeoh Li Tian (Malaysia), FM Nguyen Anh Khoi, dan GM Dao Thien Hai. Sedang pucuk pimpinan ditempati pecatur asal Filipina IM Garcia Jan Emmanuel dengan poin 4,5.

Jika dilihat poin yang tak beda jauh itu, masih memungkinkan pecatur Yosehp untuk mengambil alih pimpinan klasmen sementara. Dengan catatan jika partia kedelapan yang dimainkan pada besok (Minggu, 27/12/15) ia mampu mengalahkan Yeoh Li Thian (Malaysia). Dan Garcia dikalahkan GM Laylo Darwin. Serta dua pesaingnya yakni Nguyen Anh Khoi dan Dao Thien Hai masing-masing hanya mampu meraih poin 1/2. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...