Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Menuai Kritik, Maskot AG 2018 Disayembarakan

Kamis, 07 Januari 2016

Share this history on :
AKIBAT mendapat kritikan dari masyarakat. Akhirnya Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menggelar sayembara desain baru maskot Asian Games 2018. Hal itu disampaikan Menpora Imam Nahrawi yang didampingi Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot S Dewa Broto bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Menpora menyatakan bahwa, pihaknya bersyukur atas banyaknya support dan dukungan terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. "Meskipun telah di launching logo dan maskot Asian Games kita tetap mendengar dan memberikan harapan kepada masyarakat yang ingin memberikan penyempurnaan dan gagasan baru terkait hal itu, Kemenpora bersyukur karena ada energi luar biasa yang mensupport, mendukung sekaligus menyemangati Kemenpora terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, terima kasih kepada Kabarekraf Triawan Munaf dan jajarannya karena kita semua ingin menjadikan Asian Games sebagai momentum besar memberikan harapan kepada Indonesia dan Asia," katanya.

Imam menjelaskan bahwa Asian Games bukan hanya hajat Kemenpora tetapi hajat Bangsa Indonesia untuk itu kementerian/lembaga terkait salaing mendukung satu sama lainnya. "Terkait logo dan maskot kami sepenuhnya memberikan ruang kepada Barekraf karena ada empat target dalam Asian Games ini yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses ekonomi dari target ini semua kementerian/lembaga punya kepentingan yang sama," kata Menpora.

"Dari Badan Ekonomi Kreatif merasa terhormat untuk bisa dilibatkan dan memberikan kontribusi bagi even besar kelas Asia ini, keterbukaan seperti ini memang banyak diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk bekerjasama dan bersinergi dalam projek apapun menjadi lebih baik," tutur Triawan.

Triawan menjelaskan Asian Games adalah even langka dapat dilaksanakan di Indonesia. "Kita harus membuat Asian Games ini semaksimal mungkin baik secara prestasi, penyelenggaraan dan ekonomi harus menjadi manfaat besar bagi bangsa dimulai dari logo dan maskot yang menjadi brand identity system," tambahnya.

"Kami telah beraudiensi dengan Menpora sehingga ada kesepahaman baik tujuan dan waktu, kita akan membuat kemasan dari Asian Games yang betul-betul maksimal lebih dari sekedar olahraga, revisi logo dan maskot ini diikuti para profesional di bidangnya yakni para desain grafis, semoga bekerjaan kita bersama menjadi persembahan baik untuk bangsa," lanjutnya.

Kabarekraf yang datang bersama timnya juga menyampaikan bahwa timnya (Ketua Asosiasi Desain Grafis Indonesia Zimia, Celcius Strategic Comunication Erwin, Interbrand Nilam, Agency Leo Burnett Henry Manampiring) tidak ikut membuat brand identitas melainkan akan menjadi pembuat TOR atau persyarakat dan panelis yang nantinya menilai, memilih hingga mendapatkan sebuah produk brand identitas yang matang dan benar-benar profesional menjadi kemasan Asian Games 2018.

"Program kami adalah, time frame kita tiga bulan, setiap tahapan nanti akan kita akan sampaikan secara transparan, pemilihan logo dan maskot ini nantinya bukan hanya pilihan artistik saja melainkan adanya pilihan strategis pemerintah terhadap pencitraan Asian Games dan peran Indonesia menghadirkan Asian Games yang berkelas," tambahnya. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...