Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

DWP Kemenpora Gelar Senam Poco-Poco Nusantara

Sabtu, 06 Februari 2016

Share this history on :
GUNA menyemarakkan ajang penyelenggaraan TAFISA World Games 2016 dan persiapan Asian Games 2018, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenpora bekerjasama dengan Federasi Olahrga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) dan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). Ketiga elemen ini akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Senam Poco-Poco Nusantara.

Hal itu disampaikan Penasihat Dharma Wanita Kemenpora Shobibah Rohmah. Shobibah menyampaikan bahwa rangkaian Lomba Senam Poco-Poco Nusantara dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 15 Februari 2016. Lomba ini diikuti oleh peserta dari Kementerian/Lembaga, BUMN, Pemda DKI, Instasi Peemrintah Tingkat Pusat, dan Induk Orgsanisasi Olahraga yang berhimpun di FORMI."Tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan secara luas kepada masyarakat agar membudayakan senam poco-poco sebagai salah satu warisan dan kekayaan budaya asli yang perlu diangkat dan dilestarikan oleh generasi penerus sebagai jatidiri bangsa," katanya.

Pada lomba Senam Poco-Poco Nusantara dilaksanakan pada 12 - 13 Februari 2016, bertempat di Lapangan Graha Pemuda dan Olahraga. Lomba ini memberebutkan piala Ibu Negara Dharma Persatuan, sedangkan pada tanggal 14 Februari 2016 akan dilaksanakan pemecahan Rekor MURI Senam Poco-Poco Nusantara yang akan diikuti oleh lebih dari 10.00 peserta yang bertempat di Lapangan Plaza Selatan Stadion GBK.

"Dharma Wanita Persatuan Kemenpora menilai penting untuk dapat mengembangkan senam poco-poco nusantara untuk melestarikannya dikalangan masyarakat Indonesia pada umumnya dan membawa senam poco-poco nusantara ini mendunia,dan guna untuk menyatakan kepada dunia bahwa senam poco-poco nusantara adalah merupakan budaya dan milik bangsa Indonesia, Ibu Negara meminta agar Senam Poco-Poco Nusantara dapat meemcahkan rekor dunia dengan diikuti oleh 1 juta peserta dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia," tambahnya.

Pakar senam poco-poco Nusantara dari FOKBI Lily G Karmel menjelaskan bahwa senam poco-poco ini mampu memperbaiki funsi eksekutif otak sebagai salah satu fungsi kognisi tertinggi manusia karena kadar gula berlebih pada penderita diabetes bisa menurunkan kesehatan otak dan diantaranya berujung pada kepikunan lebih cepat. "Dengan gerakannya yang cukup energik, senam poco-poco membuat tubuh lebih sehat dan melatih daya pikir yang menguntungkan bagi usia lanjut yang berpotensi besar Alzheimer," lanjutnya.

Selain lomba senam poco-poco dan pemecahan rekor MURI melalui senam massal, rangkaian kegiatan Senam Poco-poco Nusanta. Agenda lain, akan mengadakan Talkshow kesehatan bersama pakar kesehatan yang sudah meneliti kaitan dan manfaat senam poco-poco terhadap faktor dimensia yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2016. Jordan

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...