Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Senam Poco-poco Pecahkan Rekor MURI

Minggu, 14 Februari 2016

Share this history on :
LUAR BIASA dan sukse itulah kata yang tepat buat acara Senam Poco-Poco Nusantara yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kemenpora dengan melibatkan 10.000 peserta lebih di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta Minggu (14/2) pagi. Dengan peserta yang membludak itu, akhirnya tercatat pada Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori superlatif yaitu kegiatan yang melibatkan jumlah peserta terbanyak.

Acara ini, bagi Rekor MURI mencatatkan Senam Poco-Poco Nusantara sebagai Rekor Dunia Indonesia dengan nomor urut 7315 pada museum rekor dunia Indonesia dan diberikan oleh Awan Raharjo selaku perwakilan dari MURI kepada Dharma Wanita Persatuan Indonesia dan FOKBI. Acara senam poco-poco nusantara sendiri juga sebagai salah satu kegiatan menyambut hajatan The Association For International Sports for All (TAFISA) Games 2016 pada Oktober 2016 mendatang di Ancol-Jakarta.

Menurut Menpora Imam Nahrawi, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta senam atas kehadirannya untuk ikut memecahkan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia.

"Senam poco-poco berasal dari Kabupaten Sangir Talaut Sulawesi Utara, yang merupakan tarian tradisi masyarakat yang dilakukan selepas mereka pulang dari sawah/ladang atau melaut sebagai ucapan terima kasih kepada tuhan dan kepada masyarakat yang selalu bergotong royong. Hari ini kita bawah dan perkenalkan senam ini ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia, sehingga tidak hanya menjadi milik Indonesia, tetapi juga milik dunia," katanya.

Selain senam poco-poco, juga terleselengara dilaunchingnya Senam Poco-Poco Olahraga yang merupakan karya dari Menpora Imam Nahrawi yang juga bekerjasama dengan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI). Senam ini menggunakan gerakan dari berbagai cabang olahraga, terdiri dari 6 gerakan yaitu; tinju, bulutangkis, bola basket, bola voly, sepakbola dan renang, setiap gerakan diulang sebanyak 2 kali.

Awan Raharjo Senior Manajer MURI mengatakan "Senam Poco-Poco Nusantara dicatatkan pada MURI dengan kategori superlatif yaitu kegiatan yang melibatkan jumlah peserta terbanyak, esensi dari kegiatan ini bukan hanya dari segi jumlah tetapi bagaimana kita melestarikan dan membudayakan poco poco ke dunia" ujar Awan. Senam ini terdiri dari 4 gerakan, gerakan pertama adalah mendayung, kedua mencangkul, ketiga memanah dan keempat memetik. Tiap-tiap gerakan diulang sebanyak 2 (empat) kali.

Dalam acara ini turut hadir dalam kegiatan ini beberapa istri dari Menteri Kabinet Kerja, Ketua FORMI Hayono Isman, Ketua KONI Tono Suratman, Sesmenpora Alfitra Salamm, dan beberapa eselon I dan II di lingkungan Kemenpora. Jordan
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : wartaolahraga@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...